Persiapan Transportasi Laut Jelang KTT Asean, Mulai Fasilitas hingga Keamanan

| 09 May 2023 21:35
Persiapan Transportasi Laut Jelang KTT Asean, Mulai Fasilitas hingga Keamanan
Persiapan transportasi laut jelang ktt asean (Freepik)

ERA.id - Pada pertengahan tahun 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. Lantas bagaimana persiapan transportasi laut jelang KTT Asean yang akan diadakan di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023 ini?

Perlu diketahui KTT Asean 2023 akan dihadiri oleh para pemimpin negara dari negara-negara anggota ASEAN serta para tamu undangan dari negara-negara mitra ASEAN.

Sebagai tuan rumah, Indonesia harus mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan acara ini, termasuk persiapan transportasi laut.

Transportasi laut memainkan peran penting dalam menghubungkan negara-negara anggota ASEAN dan memfasilitasi perdagangan dan pertukaran antara negara-negara anggota.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan sarana dan prasarana transportasi untuk melayani tamu-tamu delegasi KTT Asean (Antaranews)

Beberapa Persiapan Transportasi Laut Jelang KTT Asean

  1. Menhub Pastikan Pelayanan Maksimal

Dilansir dari laman dephub, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan transportasi laut akan memberikan pelayanan yang maksimal untuk mendukung kelancaran KTT Asean.

Budi Karya mengungkapkan jika sejumlah pengaturan di sektor transportasi laut telah dilakukan, salah satunya yaitu untuk mengatur pergerakan kapal-kapal di perairan dermaga Marina, serta di sekitar Hotel Meruorah dan Hotel Ayana, yang menjadi salah satu venue dari kegiatan KTT ASEAN.

  1. Pelabuhan Marina Menjadi Pusat

Kemudian Pelabuhan Marina akan menjadi lokasi dari kegiatan para pemimpin ASEAN yang akan melihat matahari terbenam (sunset) melalui kapal pinisi. Selain itu, di pelabuhan ini akan ada area bazar, hiburan serta fasilitas sepeda bagi para delegasi KTT ASEAN. Menhub juga memastikan kondisi pelabuhan sudah tertata dengan baik.

  1. Kapal Patroli Siaga

Soal keamanan perairan dan mengatur pergerakan kapal pinisi maupun kapal klotok (kapal nelayan) yang biasa melintas di area tersebut, Kemenhub telah menyiagakan dua kapal patroli dari Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut mulai tanggal 5 hingga 12 Mei 2023.

"Kami akan lakukan pengaturan secara proporsional terhadap kapal-kapal nelayan dan kapal pinisi yang biasa melintas di lokasi tersebut,” ucap Menhub.

  1. Menyiapkan Akomodasi Tambahan

Selain itu, Kemenhub telah menugaskan PT. Pelni untuk menyiapkan kapal KM. Sinabung berkapasitas 2.000 pax sebagai akomodasi terapung bagi tim pendamping, media nasional dan asing, tim pengamanan, panitia pelaksana, dan tim pendukung lainnya, di Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo pada tanggal 6 sd 12 Mei 2023 tanpa dipungut biaya.

Selain persiapan transportasi laut jelang ktt asean, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi