Daftar Menteri Jokowi yang Daftar Caleg 2024, Beberapa Nama Akrab di Telinga Masyarakat

| 10 May 2023 19:07
Daftar Menteri Jokowi yang Daftar Caleg 2024, Beberapa Nama Akrab di Telinga Masyarakat
Jokowi bersama Kabinet Indonesia Maju (situs resmi Setneg)

ERA.id - Pemilu 2024 segera dilakukan. Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo akan menjadi calon legislatif tingkat DPR RI dalam pesta politik tersebut. Masyarakat pun penasaran dengan daftar menteri Jokowi yang daftar caleg 2024.

Saat ini mereka masih menjadi bawahan Presiden Jokowi, lalu apakah boleh mendaftarkan diri sebagai caleg? Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, para menteri tidak dilarang mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPR RI. Para menteri bahkan tidak harus mengundurkan diri dari jabatannya saat mengajukan diri sebagai caleg.

Aturan yang mengharuskan pengunduran diri bagi pejabat publik yang akan menjadi calon anggota DPR diatur dalam Pasal 240 Ayat (1) huruf k. Beberapa jabatan tersebut adalah kepala dan wakil kepala daerah; anggota TNI dan Polri; ASN; serta direksi, komisaris, dewan pengawas, dan karyawan BUMN/BUMD.

Daftar Menteri Jokowi yang Daftar Caleg 2024

Salah satu nama yang dikabarkan akan maju dalam pemilihan anggota legislatif nanti adalah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu akan menjadi caleg dengan daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah I.

"Iya, insyaallah (Zulkifli Hasan) akan mencalonkan diri di Jawa Tengah I," ungkap Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, dikutip Era.id dari CNNIndonesia.

Jokowi bersama jajaran menteri (situs remi Kemkominfo)

Pada pemilu sebelumnya, Zulkifli maju sebagai caleg di dapil Lampung I (Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat). Menurut keterangan Viva, kali ini Sulkifli pindah ke dapil untuk mendapatkan suara PAN di Jawa Tengah.

"Untuk memperkuat Dapil Jawa Tengah karena di pemilu 2019 lalu PAN kehilangan delapan kursi DPR RI," lanjut Viva.

Dari partai berlambang banteng, Sekjen PDIP, Hasto Kristianto, menjelaskan bahwa partainya juga akan mendaftarkan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Namun, dia belum menyampaikan dengan jelas nama menteri dari PDIP yang akan maju sebagai caleg dalam Pemilu 2024.

Ada cukup banyak kader PDIP yang saat ini berada di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly; Menteri Sosial, Tri Rismaharini; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; Menteri PPPA, Gusti Ayu Bintang Darmawati; dan Menteri PANRB, Azwar Anas.

"Nama-nama yang mewakili akademisi, dari tokoh budayawan, mana menteri dalam kabinet Pak Jokowi yang akan dicalonkan PDIP, pakar yang akan menjadi core penting dalam setiap komisi, itu akan diumumkan saat yang tepat," terang Hasto Kristianto di kompleks GBK, Senin, 8 Mei 2023

Dari PKB, dua nama menteri telah didaftarkan untuk maju sebagai caleg. Mereka adalah Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Menurut Waketum PKB, Jazilul Fawaid, Ida ditempatkan di Dapil Jakarta II (Jaksel, Jakpus, dan Luar Negeri). Sementara, Abdul Halim akan ditempatkan di Jawa Timur.

"Namun dapil yang pas sedang dicocokkan," ungkap Jazilul.

Kemudian, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Ferry Noor, maju menjadi caleg DPR dari Dapil Jawa Barat V. Dalam Pemilu 2019, Ferry menjadi caleg DPR dapil Sumatra Selatan I.

"Saya Dapil V Jabar Kabupaten Bogor untuk DPR RI," terang Ferry.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, akan maju jadi caleg melalui Partai Perindo. Menurut keterangan Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq, dapil Angela adalah Jatim I.

"Pasti maju. Sudah dipersiapkan dengan matang. Jatim, kampung halaman Bu Wamen," terang Rofiq.

Rekomendasi