Mengenal Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang, Diberikan Singapura kepada Jenderal Andika Perkasa

| 11 May 2023 17:15
Mengenal Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang, Diberikan Singapura kepada Jenderal Andika Perkasa
Jenderal Andika Perkasa mendapat Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Instagram/@mindefsg)

ERA.id - Jenderal (Purn) Andika Perkasa mendapat penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Halimah Yacob Presiden Singapura. Penghargaan tersebut diberikan pada Rabu (10/5) di Singapura. Namun masih banyak yang belum mengenal penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang.

Presiden Singapura menyematkan langsung penghargaan tertinggi militer Singapura kepada Jenderal Andika Perkasa. Mantan Panglima TNI tersebut mendapatkan penghargaan yang sangat penting dalam dunia kemiliteran, khususnya di Singapura. Lantas apa makna penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang?

Caption

Mengenal Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang

Darjah Utama Bakti Cemerlang merupakan penghargaan yang diberikan kepada tentara Singapura yang memberikan jasa luar biasa bagi negara. Penghargaan tersebut juga dianugerahkan kepada orang di luar Singapura yang ikut berjasa dalam kerja sama militer dengan negara Singapura. 

Mengapa Jenderal Andika Perkasa Mendapat Penghargaan dari Singapura

Presiden Singapura mengatakan bahwa Jenderal Andika Perkasa layak mendapat mendapat penghargaan tersebut karena sudah berjasa dalam merawat hubungan baik Indonesia dengan Singapura. Halimah Yacob berharap kerja sama baik antara negara tetangga tersebut terus terjalin di tengah tantangan geopolitik. 

"Dia memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan jalinan yang erat dan sudah terbangun lama antara TNI dengan Tentara Singapura," kata Halimah dikutip dari akun Instagramnya.

Kementerian Pertahanan Singapura juga mengucapkan selamat atas pemberian penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang kepada Jenderal Andika Perkasa. 

"Selamat kepada mantan Panglima TNI (Jenderal) (Purnawirawan) @jenderaltniandikaperkasa Dia dianugerahi penghargaan tertinggi militer Singapira - Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera), atau Distinguished Service Order (Military), oleh Presiden @halimahyacob hari ini," tulis akun Instagram resmi Kementerian Pertahanan Singapura @mindefsg.

Demikianlah ulasan mengenal penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang yang diberikan oleh Presiden Singapura kepada Jenderal Andika Perkasa. Selain Jenderal Andika, sejumlah eks panglima TNI juga pernah menerima penghargaan tersebut, di antaranya Marsekal (Purn) Hadi Tjahajanto pada 2021 dan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo pada tahun 2018. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi