Profil Denny Indrayana Mantan Stafsus SBY, Mengaku Tahu Rahasia Sistem Pemilu

| 29 May 2023 19:05
Profil Denny Indrayana Mantan Stafsus SBY, Mengaku Tahu Rahasia Sistem Pemilu
Profil Denny Indrayana (Antara)

ERA.id - Nama Denny Indrayana tengah menjadi sorotan setelah dirinya mengaku tahu informasi rahasia soal sistem pemilu. Denny Indrayana merupakan seorang pakar hukum tata negara yang pernah menjadi staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lantas seperti apa profil Denny Indrayana?

Denny Indrayana mengatakan telah mendapat informasi bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menyetujui gugatan mengenai sistem pemilu. Denny menyebut sistem pemilu bakal diubah menjadi proporsional tertutup. Pernyataan Denny tersebut langsung menghebohkan publik, khususnya para pejabat negara dan politikus. 

Sejumlah tokoh publik pun buka suara soal pernyataan Denny Indrayana. Menko Polhukam Mahfud MD meminta Denny Indrayana segera diperiksa. Sementara mantan ketua MK, Jimly Asshiddique, menilai Denny seharusnya dikenai sanksi. Setelah munculnya polemik ini, publik pun penasaran dengan profil Denny Indrayana yang pernah dekat dengan SBY. 

Denny Indrayana bersama Mahfud MD (Instagram)

Profil Denny Indrayana

Denny Indrayana lahir di Kotabaru, Kalimantan Selatan, pada 11 Desember 1972. Denny menikah dengan istrinya yang bernama Ida Rosyidah dan mempunyai dua orang anak. Sosok Denny Indrayana makin terkenal saat menjadi Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Denny menempuh pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil jurusan Hukum. Setelah berhasil meraih gelar S1, Denny melanjutkan studi jenjang Magister di Universitas Minnesota, Amerika Serikat. Ia juga mengenyam pendidikan doktoral di Universitas of Melbourne, Australia. 

Sebelum berkarier di pemerintahan, Denny Indrayana aktif menjadi pengajar di UGM dan Universitas Islam Indonesia (UII). Denny pernah memiliki jabatan penting di UGM, yakni sebagai Direktur Pusat Kajian Anti Pukat (Korupsi). Denny juga sempat menjadi asisten pengacara di Jeremias Lemek Law Firm Yogyakarta pada tahun 1994. 

Rekam Jejak Denny Indrayana

Denny Indrayana mulai terjun di pemerintahan saat ditunjuk menjadi staf khusus presiden bidang Hukum, HAM dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Berkat keahliannya di bidang hukum tata negara, Denny dipercaya memegang jabatan tersebut untuk periode 2008-2011. 

Nama Denny Indrayana semakin bersinar saat dirinya diangkat oleh Presiden SBY untuk menjadi Wamenkumham. Denny bertugas sebagai Wamenkumham mendampingi Amir Syamsudin untuk periode 2011-2014. 

Demikianlah profil Denny Indrayana yang tengah disoroti publik karena mengaku mendapat informasi rahasia terkait sistem pemilu. Merespon pernyataan Denny Indrayana, Ketua KPU Hasyim Asy’ari masih menunggu keputusan dari MK yang sebenarnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi