Profil dan Kekayaan Jusuf Hamka, Tagih Utang Ratusan Miliar ke Pemerintah

| 15 Jun 2023 09:05
Profil dan Kekayaan Jusuf Hamka, Tagih Utang Ratusan Miliar ke Pemerintah
Jusuf Hamka (Antara)

ERA.id - Konglomerat Jusuf Hamka tengah menjadi sorotan publik setelah menagih utang senilai ratusan miliar rupiah kepada pemerintah. Sosok Jusuf Hamka memang selama ini kerap berseliweran di media sosial sebagai sosok inspiratif sebagai pengusaha sukses. Banyak masyarakat yang penasaran dengan profil dan kekayaan Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka merupakan pengusaha muslim keturunan Tionghoa yang terkenal sebagai bos jalan tol di Indonesia. Jusuf Hamka cukup disegani oleh banyak orang karena dirinya dikenal sebagai crazy rich yang sederhana. Jusuf Hamka tidak pernah pamer kemewahan, kerap tampil dengan pakaian biasa, dan suka makan di warteg murah, berbeda dengan crazy rich kebanyakan. 

Jusuf Hamka juga dikenali sebagai sosok yang suka berderma untuk kegiatan keagamaan dan aksi sosial. Lantas seperti apa profil dan dari mana sumber kekayaan Jusuf Hamka?

Profil Jusuf Hamka

Mohammad Jusuf Hamka lahir di Jakarta pada 5 Desember 1957. Pria berusia 65 tahun tersebut akrab disapa Jusuf Hamka dan terkadang dipanggil dengan nama Babah Alun. Masa kecil Jusuf Hamka dilalui dengan tinggal di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Jusuf Hamka (Antara)

Jusuf Hamka sudah menjalani kehidupan berat sejak usia kanak-kanak. Waktu kecil, Jusuf Hamka sudah berjualan keliling setiap pulang sekolah. Berjualan di sekitar Masjid Istiqlal, Jusuf Hamka menawarkan beberapa makanan, seperti kacang-kacangan yang dibungkus dan es mambo. 

Saat tumbuh besar, Jusuf Hamka mengambil pendidikan di perguruan tinggi. Jusuf Hamka tercatat sebagai alumnus Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945. Ia juga berhasil menyelesaikan kuliah di beberapa kampus dengan jurusan yang berbeda-beda. Jusuf Hamka pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti. Ia juga pernah kuliah Bisnis Administrasi di Columbia College Kanada. 

Kekayaan Jusuf Hamka

Nama Jusuf Hamka masuk dalam jajaran pengusaha terkaya di Indonesia. Jusuf Hamka terkenal tajir melintir karena memiliki jalan tol di berbagai daerah. Pengusaha muslim Tionghoa ini menjadi pemegang saham terbanyak di PT Citra Marga Nusaphala Persada, perusahaan yang mengoperasikan sejumlah jalan terbesar di dalam negeri. 

Dari bisnis di bidang kontruksi kepemilikan jalan tol, Jusuf Hamka berhasil mengeruk cuan sangat melimpah. Jusuf Hamka diketahui mempunyai harta kekayaan mencapai Rp15 triliun. Ia diperkirakan menyimpan aset dengan nominal tembus Rp15 miliar. 

Jalan Tol Milik Jusuf Hamka

Bisnis jalan tol membutuhkan modal yang fantastis jumlahnya. Pembangunan 1 km jalan tol saja biayanya bisa mencapai Rp700 miliar. Namun modal besar yang dikeluarkan juga sebanding dengan keuntungan yang didapat dalam jangka panjang. Berikut ini daftar jalan tol milik Jusuf Hamka:

1. Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono (Cawang-Tanjung Priok)

Jalan tol Cawang-Tanjung Priok milik Jusuf Hamka ini memiliki panjang mencapai 15 km. Jalan tol ini menjadi ruas tol pertama yang menerapkan sistem layang di Indonesia dengan teknik Sosrobahu. Jalan tol melintang melewati wilayah Jakarta Timur, Jakarta pusat, dan Jakarta Utara.

2. Jalan Tol Pelabuhan

Jalan tol lainnya miliki Jusuf Hamka melintang di wilayah Jakarta Utara. Ruas tol pelabuhan sepanjang 13 km ini disebut juga Tol Ancol atau Pluit merupakan tol lanjutan dari Tol Ir. Wiyoto Wiyono.

3. Jalan Tol Depok - Antasari

Jusuf Hamka juga punya kepemilikan Jalan Tol Andara atau ruas Tol Depok - Antasari. Jalan tol ini dimiliki Jusuf Hamka melalui entitas PT Citra Waspphutowa. Jalan tol yang melintang sepanjang 21 km ini menghubungkan langsung hingga Kabupaten Bogor dan ruas JORR II.

4. Ruas Tol Bogor Outer Ring Road

Ruas jalan tol Bogor Outer Ring Road sepanjang kurang lebih 11 km juga dimiliki oleh Jusuf Hamka. Ia berinvestasi mencapai Rp1,6 Triliun untuk jalan tol yang telah dirampungkan pada tahun 2009 silam ini..

5. Tol Soreang - Pasirkoja

Jalan tol lain miliki Jusuf Hamka adalah ruas tol Soreang - Pasirkoja. Tol Soroja ini menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Tol sepanjang 10,55 km ini mulai beroperasi sejak 2017 silam dan merupakan tol terpanjang yang dimiliki Jusuf Hamka.

6. Jalan Tol Waru - Juanda

Jusuf Hamka juga memiliki jalan tol di Jawa Timur yakni ruas Tol Waru-Juanda. Jalan tol sepanjang 12 km ini merupakan akses utama dari Bandar Udara Juanda Surabaya, sekaligus tol penghubung di Kawasan Industri Rungkut.

7. Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan

Jalan tol lain yang dimiliki oleh Jusuf Hamka adalah Jalan Tol Cisumdawu. Jusuf Hamka menguasai konsesi lahan sebesar 51 persen pada ruas tol sepanjang hampir 60 km ini.

Demikianlah ulasan profil dan kekayaan Jusuf Hamka sebagai bos jalan tol di Indonesia. Meski menjadi salah satu crazy rich di Indonesia, Jusuf Hamka merupakan sosok yang sederhana dan terkenal sering bersedekah. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi