Mengenal Profil Letkol Afri Budi Cahyanto, Pejabat Basarnas yang Ditangkap KPK

| 26 Jul 2023 17:35
Mengenal Profil Letkol Afri Budi Cahyanto, Pejabat Basarnas yang Ditangkap KPK
Gedung KPK (situs web resmi KPK)

ERA.id - Pada Selasa (25/7/2023) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap delapan orang di wilayah berbeda melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT). Satu di antara delapan orang tersebut adalah Letkol Adm Afri Budi Cahyanto, pejabat Basarnas. Hal tersebut membuat masyarakat penasaran dengan profil Letkol Afri Budi Cahyanto.

"Informasi yang kami terima, sementara yang diamankan ada sekitar delapan orang, salah satunya pejabat di Basarnas RI," kata Ali Fikri, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Selasa (25/7/2023) malam.

Ali mengungkapkan, delapan orang tersebut merupakan jumlah sementara pihak-pihak yang diamankan KPK. Dia juga menjelaskan bahwa orang-orang tersebut terdiri atas penyelenggara negara, pihak swasta, dan pihak lainnya.

 Ilustrasi korupsi (pexels)

Menurutnya, salah satu lokasi penangkapan adalah daerah Cilangkap, Jakarta Timur dan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat.

"Tempat ditangkapnya para pihak diantaranya di sekitaran daerah Cilangkap dan Jatisampurna Bekasi," terang Ali, dikutip Era.id dari Wartakota.

Di tempat lain, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, menerangkan bahwa para orang tersebut ditangkap karena diduga melakukan penyerahan uang dalam dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa.

Dia mengatakan, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para orang-orang tersebut, termasuk pejabat Basarnas.

“Kami masih dalam proses pemeriksaan mohon bersabar,” jelas Nurul Ghufron.

Profil Letkol Afri Budi Cahyanto

Letkol Afri Budi Cahyanto merupakan perwira TNI Angkatan Udara (AU) yang memiliki tugas penempatan di luar institusi TNI. Saat ini dia menjabat sebagai koordinator administrasi (koorsmin) kepala Basarnas (kabasarnas), Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Sebelumnya, dia pernah duduk di kursi Kapekas Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau. Dilansir situs web resmi TNI AU, Afri Budi Cahyanto adalah alumnus Perwira Karier TA 2022/2003. Ketika itu, pangkat Afri adalah letnan dua (letda) dari Korps Administrasi (Adm).

Untuk diketahui, alumni Perwira Karier adalah alumni Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (SEPA PK TNI). Dahulu lembaga ini bernama Sepamilsuk dan Sepawamil.

Pada 2021, Afri menjadi komandan upacara dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI AU di Markas Komando Operasi (Mako Ops) TNI AU III, Biak. Pada tahun tersebut, Afri Budi Cahyanto menjabat sebagai Kasibukku Koops III.

Itulah beberapa informasi yang bisa didapatkan mengenai profil Letkol Afri Budi Cahyanto. Saat ini, KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang ditangkap.

Rekomendasi