Profil Laksda Amarulla Octavian Wakil Kepala BRIN Baru, Tentara yang Aktif di Dunia Akademik

| 03 Aug 2023 20:15
Profil Laksda Amarulla Octavian Wakil Kepala BRIN Baru, Tentara yang Aktif di Dunia Akademik
Profil Laksda Amarulla Octavian (dokumen UNHAN)

ERA.id - Megawati Soekarno Putri, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) baru saja melantik Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., ASEAN Eng. sebagai Wakil Kepala BRIN. Seperti apa profil Laksda Amarulla Octavian?

Laksda Amarulla Octavian memang selama ini diketahui sebagai tentara yang juga aktif di dunia akademik atau pendidikan. Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian membuktikan bahwa posisi rektor bisa dijabat oleh orang yang berangkat dari bidang militer. Laksda Amarulla saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI. 

Selama ini Laksda Amarulla Octavian dikenal menangani posisi dan tugas penting selama menjadi prajurit. Selain aktif di dunia militer, ia memang telah mengenyam sejumlah gelar studi jenjang tinggi untuk membekali kompetensi sebagai akademisi. Profil Laksda Amarulla Octavian pun membuat banyak orang penasaran. 

pelantikan Laksda Amarulla Octavian menjadi Wakil Kepala BRIN (Antara)

Profil Laksda Amarulla Octavian

Laksda Amarulla Octavian lahir pada 24 Oktober di Surabaya, Jawa Timur. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut pada tahun 1998. Laksda Amarulla Octavian berbeda dengan tentara lainnya karena dirinya menekuni dua karier secara serius. Tidak hanya bergerak di dunia militer, ia juga aktif menjadi pengajar di perguruan tinggi. 

Meski harus mengemban dua karier sekaligus, namun Laksda Amarulla Octavian bisa menjalani semuanya dengan baik. Sebagai prajurit TNI, ia merupakan sosok tentara yang berprestasi. Awalnya perjalanan kariernya di dunia militer sama seperti perwira TNI lain. 

Perjalanan Karier Laksda Amarulla Octavian di Dunia Militer

Laksda Amarulla Octavian memulai tugasnya sebagai prajurit TNI di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Ki Hajar Dewantara pada tahun 1998. Ia juga pernah bertugas di KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 dan Slamet Riyadi-352. Sampai pada akhirnya dirinya ditunjuk untuk menjadi Komandan Kapal Perang Indonesia Tjiptadi-881 di tahun 2003. 

Laksda Amarulla Octavian pernah menjalani beberapa jabatan penting, mulai dari Komandan Pangkalan Angkatan Laut Sangatta tahun 2004, Komandan KRI Karel Satsuitubun-356 di 2006, dan Komandan Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Wilayah Timur tahun 2007.

Setelah melewati berbagai tugas dan jabatan, Laksda Amarulla Octavian kemudian menajdi Perwira TNI yang menjabat di sekolah kemiliteran. Pada waktu itu, ia ditunjuk sebagai Direktur Pengajian Doktrin Operasi Gabungan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut di tahun 2008.

Pada tahun 2009 hingga 2012, Laksda Amarulla Octavian dipercaya menjadi Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Setelah itu dirinya sempat menduduki sejumlah posisi strategis, seperti Kasguspurlabar tahun 2012, Danguspurlabar tahun 2013, hingga Kaskoarmabar pada 2014.

Perjalanan Laksda Amarulla Octavian Menjadi Rektor 

Tangga pendidikan akademis Laksda Amarulla Octavian dimulai saat dirinya kuliah jurusan Teknik di Sekolah Tinggi Teknologi Angkata Laut. Ia berhasil meraih gelar Sarjana Teknik pada tahun 2001. 

Tak puas hanya mendapat gelar S1, Laksda Amarulla Octavian melanjutkan pendidikan jenjang Magister di Universite De Paris II. Gelar Magister berhasil ia bawa pulang pada tahun 2006. Namun ambisi dan kegigihannya di dunia akademis tak berhenti di situ. Ia mengambil studi doktoral di Jurusan Sosiologi Universitas Indonesia dan menamatkannya pada tahun 2013. 

Setelah mendapatkan gelar doktor, Laksda Amarulla Octavian ditunjuk menjadi pengajar di Universitas Pertahanan (Unhan) sejak tahun 2014. Kariernya di dunia pendidikan pun berjalan cukup gemilang. Ia dipercaya menjadi Dekan Fakultas Manajemen UNHAN di tahun 2016. Pada tahun 2020, Jenderal bintang tiga ini didapuk untuk memegang jabatan Rektor UNHAN. 

Laksda Amarulla Octavian tak hanya mengemban tugas sebagai rektor. Pada tahun 2021, dirinya juga telah mendapat gelar baru yaitu Profesor. Sejak saat itu, ia dikukuhkan sebagai guru besar tetap du UNHAN. 

Demikianlah profil Laksda Amarulla Octavian sebagai seorang rektor yang memiliki latar belakang di dunia militer. Laksda Amarulla merupakan salah satu prajurit kebanggan Indonesia karena tidak hanya berkontribusi di dunia kemiliteran namun juga di bidang pendidikan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi