Jabatan Pegawai KAI yang Jadi Tersangka Teroris dan Perkiraan Gaji Bulanannya

| 15 Aug 2023 21:15
Jabatan Pegawai KAI yang Jadi Tersangka Teroris dan Perkiraan Gaji Bulanannya
Berapa Gaji Juru Langsir PT KAI (Unsplash)

ERA.id - Densus 88 Antiteror Polri telah melakukan penangkapan terhadap seorang individu dengan inisial DE, yang diduga terlibat dalam aktivitas terorisme. DE sendiri merupakan seorang pegawai di PT Kereta Api Indonesia (KAI), lantas apa jabatan pegawai KAI yang jadi tersangka teroris tersebut?

Raden Agus Dwinanto Budiadji, selaku EVP Corporate Secretary PT KAI, menyatakan bahwa perusahaan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Dia juga menegaskan bahwa perusahaan akan memberikan dukungan penuh terhadap upaya-upaya dalam memerangi praktik terorisme.

Dia mengatakan, "Kami siap bekerja sama dengan pihak berwenang terkait isu ini," melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Agus menjelaskan bahwa perusahaan tidak akan mentoleransi tindakan yang melanggar hukum, terutama dalam kasus terorisme. Dia menyampaikan bahwa manajemen PT KAI akan mengambil tindakan tegas terhadap karyawan KAI yang terbukti terlibat dalam kasus terorisme.

Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga berkomitmen untuk memberantas kejahatan terorisme di lingkungan perusahaan. Dia mengungkapkan, "Dengan terus mengingatkan seluruh tingkatan manajemen mengenai pentingnya integritas dan nasionalisme, serta melaksanakan peningkatan pengawasan oleh berbagai unit terkait."

Jabatan Pegawai kai yang jadi tersangka teroris

Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT KAI, mengonfirmasi bahwa DE bekerja sebagai juru langsir di stasiun Jakarta Kota. Dia menyatakan bahwa PT KAI telah berusaha maksimal untuk mendeteksi potensi terorisme sejak awal.

jabatan pegawai kai yang jadi tersangka teroris (unsplash)

Dari laman resmi PT KAI, dijelaskan bahwa tugas seorang juru langsir adalah memandu pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau bahkan lokomotif untuk berpindah jalur rel. Perpindahan jalur tersebut biasanya dilakukan untuk tujuan memisahkan atau menggabungkan kereta atau gerbong.

Didiek Hartantyo juga menjelaskan, "Kami sudah melakukan upaya maksimal dalam mendeteksi potensi masalah sejak dini melalui kerja sama dengan BNPT. Namun, kemarin salah satu pegawai kami yang merupakan juru langsir di stasiun Jakarta Kota terjerat oleh tindakan Densus 88. Kami tentu siap untuk berkoordinasi dan menjalin kerja sama dalam hal ini."

Berapa Gaji Juru Langsir PT KAI?

Pengendali rel kereta api, pemberi sinyal, dan tukang langsir kereta api memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melindungi muatan kereta api selama perjalanan. Selain itu mereka juga bertugas mengawasi pergerakan lalu lintas rel kereta api melalui pengoperasian sinyal dan tombol pengendali lokomotif, serta menyusun rangkaian kereta api di jalur rel.

Juru langsir juga bertanggung jawab atas penyusunan kereta api di area penambangan dan mengawasi pergerakannya di seluruh Indonesia.

Mayoritas pekerja Operator Rem, Sinyal, dan Langsir Kereta Api mendapatkan gaji antara Pr2.550.594 dan Rp5.325.438 per bulan pada tahun 2023. Bagi mereka yang berada di tingkat pemula, upah bulanan berkisar antara PR2.550.594 hingga Rp5.110.616.

Setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan berada di kisaran antara Rp2.922.941 dan Rp5.774.489 per bulan.

Selain jabatan pegawai kai yang jadi tersangka teroris, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi