Tampak Banyak, Ini Formasi Paskibraka Pengibaran Bendera Merah Putih

| 17 Aug 2023 09:05
Tampak Banyak, Ini Formasi Paskibraka Pengibaran Bendera Merah Putih
Jokowi bersama Paskibraka tahun 2023 (situs resmi Setkab)

ERA.id - Dalam upacaya bendara perayaan HUT RI, salah satu yang menarik perhatian adalah Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka). Meski dalam proses pengibaran bendara hanya dibutuhkan tiga petugas, tetapi personel Paskibraka terbilang banyak.

Hal tersebut ternyata berhubungan dengan formasi Paskibraka pengibaran bendera. Untuk informasi lebih lengkap mengenai formasi ini, simak uraian dari Era.id berikut ini.

Formasi Paskibraka Pengibaran Bendara Merah Putih

Tugas utama dari Paskibraka adalah mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dan pasukan tersebut diatur dengan formasi khusus. Mereka akan menaikkan dan menurunkan bendara merah putih dari atas tiang sesuai jadwal.

Dalam pengibaran bendara pusaka, Paskibraka menggunakan formasi 17-8-45. Formasi ini berdasarkan waktu pelaksanaan upacara bendera Kemerdekaan Indonesia pertama, yaitu 17 Agustus 1945.

Jokowi mengukuhkan Paskibraka 2023 (situs resmi Presiden RI)

Formasi 17-8-45 terdiri atas tiga kelompok barisan, yaitu Pasukan 17 (pengiring/pemandu), Pasukan 8 (tim inti/pembawa bendera), dan Pasukan 45 (pengawal). Masing-masing pasukan berbaris secara berurutan dengan jarak antar pasukan sejauh 4 langkah.

Dikutip dari Lampiran I Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 14 Tahun 2017, jumlah minimal anggota pasukan Paskibraka adalah 17+8 (25 orang atau kelipatan dua dari itu. Susunan tersebut terdiri atas Pasukan 17 dan Pasukan 8 dengan pertimbangan pemerataan supaya tidak ada pihak yang merasa tidak dilibatkan.

Tugas dan Anggota Paskibraka

Pasukan 17, Pasukan 8, dan Pasukan 45 punya jumlah anggota dan tugas yang tidak sama. Dilansir indonesiabaik, berikut ini rincian tugas dan anggota masing-masing pasukan Paskibraka.

1. Pasukan 17

Ini adalah pasukan pengiring atau pemandu yang berjumlah 17 orang. Posisi mereka dalam formasi adalah bagian paling depan. Seluruh anggota pasukan ini merupakan anggota Paskibraka perwakilan masing-masing provinsi. Pasukan 17 dipimpin seorang komandan kelompok (danpok) yang posisinya ada di samping barisan.

2. Pasukan 8

Pasukan 8 adalah pasukan inti yang membawa duplikat bendera pusaka merah putih, termasuk pasukan pengibar bendera ada ada di antara barisan Pasukan 17 dan Pasukan 45.

Meski dibebut Pasukan 8, jumlah pasukan ini adalah 12 orang. Rinciannya adalah 8 orang Paskibraka (3 putra dan 5 putri) serta dikawal 4 anggota Paspampres TNI.

Dua orang berperan sebagai pembawa duplikat bendera pusaka. Posisinya adalah satu orang di depan tengah membawa baki dengan bendera utama (pembawa baki 1) dan satu orang berada di bekalangnya sebagai cadangan pembawa baki bendera (pembawa baki 2). Pasukan 8 dipimpin danpok yang berposisi di dalam barisan.

3. Pasukan 45

Ini adalah pasukan pengawal atau pengaman kehormatan dengan fungsi simbolis. Anggota pasukan ini adalah anggota paspampres TNI bersenjata yang setiap tiga barisan dipimpin seorang komandan regu (danru).

Kemudian, seluruhan anggota Paskibraka dalam formasi 17-8-45 dipimpin seorang komandan kompi Paskibraka (danki Paskibraka). Danki Paskibraka berada di sebelah kanan danpok 17.

Itulah penjelasan tentang formasi Paskibraka pengibaran bendara dalam Upacara Kemerdekaan RI. Inilah jawaban kenapa Paskibraka tampak sangat banyak saat melaksanakan tugasnya.

Rekomendasi