Gaji Anggota Paskibraka Mulai dari Tingkat Kabupaten hingga Nasional, Sudah Tahu?

| 17 Aug 2023 12:05
Gaji Anggota Paskibraka Mulai dari Tingkat Kabupaten hingga Nasional, Sudah Tahu?
Suasana pengukuhan Paskibraka Nasional 2021 (Youtube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Mendekati peringatan HUT Kemerdekaan RI, salah satu tema yang menarik untuk dibahas adalah gaji anggota Paskibraka. Ya, Paskibraka menjadi salah satu hal yang menerima perhatian dari banyak orang ketika bulan Agustus tiba. Tidak hanya menjadi pengibar bendera, mereka juga menerima gaji, honor, dan sertifikat. Paskibraka sendiri merupakan singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Tugas mereka adalah mengibarkan bendera dalam upacara seperti peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Bagi sebagian orang, menjadi anggota Paskibraka tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi jika mereka terpilih sebagai pengibar bendera di Istana Negara atau tingkat nasional. Namun, pastinya tidak mudah untuk menjadi seorang Paskibraka.

Selain diwajibkan untuk menjalani latihan yang giat, proses seleksinya juga cukup panjang dan ketat. Ada berbagai tes yang akan dijalani oleh anak-anak muda tingkat SMA. Diantaranya tes fisik, tes intelektual, tes psikologi, dan wawancara. Oleh sebab itu, Paskibraka ini memang beranggotakan orang-orang terbaik yang sudah dipilih.

Namun, terlepas dari tugas dan proses seleksi yang cukup ketat, seorang anggota Paskibraka ternyata juga menerima honor atau gaji. Namun, untuk nilainya sendiri cukup variatif dan disesuaikan dengan penempatan tugasnya. Di bawah ini adalah kisaran gaji Paskibraka kabupaten hingga tingkat nasional.

Paskibraka 2021 (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Gaji Anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten

Gaji yang diterima anggota Paskibraka tingkat kabupaten juga cukup variatif. Angkanya tergantung pada penugasan tiap daerah terkait. Namun, dalam kisarannya, seorang Paskibraka tingkat kabupaten bisa mendapatkan gaji antara Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta. Angka ini juga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan atau kebijakan Pemkab di setiap daerah.

Kisaran Gaji Paskibraka Tingkat Provinsi

Level provinsi tentu saja ada di atas kabupaten. Oleh sebab itu, honor yang bisa diterima seorang anggota Paskibraka juga berpotensi lebih besar. Namun, kembali lagi, angkanya juga disesuaikan dengan tempat penugasannya. Sebagai contoh, dapat diambil dari Paskibraka Provinsi Sulawesi Barat. Mengutip laman BPK RI, pada tahun 2022 lalu, Pemprov Sulbar menyediakan honor senilai Rp1,5 juta per anggota Paskibraka. Selain gaji, mereka juga menerima benefit seperti sertifikat dan lain sebagainya.

Kisaran Gaji Paskibraka Tingkat Nasional

Tingkat nasional mungkin dapat dikatakan sebagai tingkatan tertinggi yang menjadi impian seluruh anggota Paskibraka di Indonesia. Sebelum itu, untuk menjadi salah satu yang terbaik, mereka akan bersaing secara ketat dan sportif. Adapun mengenai kisaran gajinya, anggota Paskibraka tingkat nasional diperkirakan menerima honor antara Rp3 juta sampai Rp10 juta. Selain gaji, mereka juga akan mendapatkan sertifikat serta peluang beasiswa.

Demikianlah ulasan terkait kisaran gaji anggota Paskibraka tingkat kabupaten hingga Nasional yang bisa kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi seluruh anak muda yang memiliki harapan menjadi seorang anggota Paskibraka.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi