Kapan Awal Musim Hujan di Indonesia? Berikut Ini Penjelasan BMKG

| 09 Sep 2023 17:00
Kapan Awal Musim Hujan di Indonesia? Berikut Ini Penjelasan BMKG
Kapan awal musim hujan di indonesia (unsplash)

ERA.id - Kapan awal musim hujan di Indonesia selalu menjadi topik yang sangat dinantikan bagi sebagian orang.  Perlu diketahui, awal musim hujan di Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pertanian, keamanan air, dan cuaca sehari-hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan lengkap kapan awal musim hujan biasanya tiba di berbagai wilayah Indonesia, serta dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan.

Kapan Awal Musim Hujan di Indonesia?

Terkait dengan waktu datangnya musim hujan di Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengungkapkan berakhirnya kekeringan akibat El Nino.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam sebuah konferensi pers daring pada Jumat (8/9), angin baratan yang menandai awal musim hujan diperkirakan akan tiba dengan keterlambatan dari jadwal normalnya.

Lebih lanjut, Dwikorita menyampaikan bahwa secara keseluruhan, awal musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan November 2023. Namun, ia juga mencatat bahwa karena perbedaan iklim yang signifikan di berbagai wilayah Indonesia, awal musim hujan tidak akan terjadi secara serentak di seluruh wilayah.

awal musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan November 2023 (unsplash)

Dwikorita menyampaikan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau. Hal ini dipengaruhi oleh fenomena El Nino di Samudera Pasifik, terutama oleh angin Mosun Australia.

El Nino saat ini berada dalam fase moderat sejak akhir Juni 2023, dengan indeks El Nino mencapai nilai +1,54. Diperkirakan kondisi El Nino moderat ini akan berlangsung hingga awal 2024.

Selain itu, di Samudera Hindia, pemantauan suhu muka laut menunjukkan adanya Indian Ocean Dipole (IOD) positif dengan nilai +1,527. IOD positif ini diperkirakan akan berlanjut hingga akhir tahun 2023.

Kondisi El Nino dan IOD positif ini memengaruhi pola cuaca dan musim hujan di Indonesia, sehingga awal musim hujan diprediksi akan berlangsung lebih lambat dari biasanya.

Menurut BMKG, berikut ini adalah perkiraan waktu awal musim hujan di beberapa wilayah di Indonesia:

●        September: Awal musim hujan di sebagian Sumatra Barat dan Riau bagian selatan.

●        Oktober: Diperkirakan musim hujan akan dimulai di Jambi, Sumatra Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

●        November: Awal musim hujan diharapkan terjadi di Sumatra Selatan, Lampung sebagian besar, Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

●        Desember: Diperkirakan awal musim hujan akan tiba di Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian kecil NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Namun perlu diingat bahwa perkiraan di atas dapat berubah sesuai dengan perubahan iklim dan cuaca yang terjadi.

Selain kapan awal musim hujan di indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi