Mengenal Apa ITU UTBK dan Materi yang Dibahas

| 14 Sep 2023 22:05
Mengenal Apa ITU UTBK dan Materi yang Dibahas
Peserta UTBK-SNBT di Universitas Riau (Antaranews)

ERA.id - Calon mahasiswa bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang diharapkan melalui beberapa jalur, seperti SNBT, SNBP, dan Seleksi Mandiri. Dari jalur-jalur tersebut, beberapa di antaranya berkaitan erat dengan UTBK. Apa itu UTBK?

Mengenal Apa Itu UTBK

Dilansir situs resmi Kemdikbud dan akun Instagram @bp3_kemdikbud, UTBK adalah sebuah singkatan. UTBK memiliki kepanjangan Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK merupakan ujian tulis yang terdapat dalam proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di PTN akademik, PTN vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Dalam ujian ini, calon mahasiswa akan melakukan tes tertulis menggunakan komputer, bukan kertas lembar jawaban. UTBK telah dicetuskan sejak 2018, lalu pelaksanaannya mulai dilakukan pada 2019.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh pihak yang ingin melakukan UTBK. UTBK hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/sederajat serta lulusan Paket C pada tahun yang sama ketika SNPMB dan dua tahun sebelumnya. Contoh penerapan dari syarat ini adalah SNPMB 2023 boleh diikuti oleh lulusan tahun 2023, 2022, dan 2021.

Syarat yang lain berkaitan dengan usia dari peserta atau calon mahasiswa. Usia peserta maksimal 25 tahun per 1 Juli pada tahun pelaksanaan SNPMB. Selain itu, peserta hanya boleh mengikuti tes UTBK satu kali. Hasil dari tes tersebut juga hanya bisa digunakan untuk tahun yang sama.

Calon mahasiswa melakukan UTBK SNBT di UI(antaranews)

Korelasi UTBK dan SNBT

Salah satu jalur masuk PTN atau jenis SNPMB adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Dalam pelaksanaan SNBT, UTBK menjadi metode seleksi atau bentuk tes yang digunakan. Tak heran jika UTBK sangat erat kaitannya dengan SNBT.

Sebagai pengingat, SNBT merupakan nama baru yang digunakan untuk menggantikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dahulu, tes ini juga dikenal sebagai tes tulis.

Pada masa awal, materi UTBK berhubungan dengan mata pelajaran sekolah. Akan tetapi, hal tersebut tak lagi digunakan. Saat ini ada tiga materi utama dalam pelaksanaan UTBK-SNBT. Berikut adalah rinciannya.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS merupakan tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif para calon mahasiswa. Ini dianggap sebagai tes yang penting dalam menentukan keberhasilan pelajar di sekolah formal, terutama pendidikan tinggi.

Ada beberapa materi yang diujikan dalam pelaksanaan TPS. Secara umum, tes ini mengujikan kemampuan penalaran umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, kemampuan kuantitatif (pengetahuan dan penguasaan Matematika dasar), serta pengetahuan dan pemahaman umum.

2. Literasi

Ada dua tes bahasa yang diterapkan dalam materi literasi, yaitu literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tujuan dari tes ini adalah mengukur kemampuan para calon mahasiswa dalam memahami, mengevaluasi, merefleksikan, dan menggunakan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah serta mengembangkan kemampuan seseorang untuk berkontribusi nyata di masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir para calon mahasiswa. Beberapa hal yang dicermati dalam tes ini adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu UTBK. Untuk mendapatkan informasi lain, ikuti terus Era.id. 

Rekomendasi