Jadwal Pendaftaran SNBT 2023, Catat dan Jangan Sampai Terlewatkan

| 17 Mar 2023 19:07
Jadwal Pendaftaran SNBT 2023, Catat dan Jangan Sampai Terlewatkan
Jadwal pendaftaran snbt 2023 (unsplash)

ERA.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian yang digunakan untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Artikel ini akan membahas jadwal pendaftaran SNBT 2023 dan juga beberapa persyaratan yang harus disiapkan.

UTBK sendiri dilakukan secara online menggunakan komputer dan terdiri dari tiga tes yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum).

Kapan Jadwal Pendaftaran SNBT 2023 Dibuka?

SNBT 2023 pendaftarannya akan dibuka pada 23 Maret 2023 hingga 14 April 2023. Perlu diketahui,  jalur ini boleh diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK lulusan 2021, 2022, 2023, dan paket C tahun 2021, 2022, 2023.

Meskipun demikian ada batas maksimal pendaftar SNBT yaitu berumur 25 tahun per 1 Juli 2023.

Selain itu, keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN)

Apa Tujuan Pelaksanaan UTBK?

UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik dan potensi calon mahasiswa, sehingga perguruan tinggi dapat memilih calon mahasiswa yang berkualitas dan sesuai dengan program studi yang ditawarkan.

Apa Tujuan Pelaksanaan UTBK (unsplash)

Pada saat pelaksanaan UTBK, peserta akan diuji dalam beberapa kompetensi seperti kemampuan verbal, logika, kuantitatif, dan sains. Ujian dilakukan dalam waktu yang terbatas, sehingga peserta harus berusaha untuk menjawab sebanyak mungkin pertanyaan dalam waktu yang diberikan.

Nilai UTBK akan menjadi salah satu faktor penentu dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK, calon peserta dapat mempelajari materi dan soal-soal ujian sebelumnya, serta melakukan latihan soal secara teratur. Dalam hal ini, banyak tersedia buku panduan dan latihan soal UTBK yang dapat membantu calon peserta mempersiapkan diri dengan baik.

Syarat-Syarat Mengikuti UTBK 2023

Dilansir dari laman resmi Universitas Pendidikan Ganesha, berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi para pendaftar UTBK 2023:

●        Sudah memiliki AKUN SNPMB.

●        Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

●        Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah dan tanda tangan Kepala Sekolah.

●        Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

●        Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.

●        Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

●        Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

●        Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.

●        Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023.

Selain jadwal pendaftaran SNBT 2023, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi