Profil Bambang Tirtoyuliono, Pj Walikota Bandung yang Baru

| 15 Sep 2023 16:05
Profil Bambang Tirtoyuliono, Pj Walikota Bandung yang Baru
Bambang Tirtoyuliono (Foto: Istimewa)

ERA.id - Bambang Tirtoyuliono ditetapkan sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung. Nama Bambang Tirtoyuliono memang diajukan sebagai kandidat Pj Walkot Bandung yang sebelumnya direkomendasikan oleh Pemprov Jawa Barat ke Kemendagri.

Di kalangan Pemprov Jabar, nama Bambang memang sudah populer. Saat ini, ia mengisi jabatan sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar.

Dalam video yang diunggah akun YouTube Dinas BMPR, dalam jabatannya di DBMPR, Ir Bambang Tirtoyuliono MM, mengaku sudah menjalankan 69 paket pekerjaan di Dinas BMPR yang sudah berkontrak pada akhir bulan Februari 2023.

Pernah Raih Penghargaan Satya Lencana

Selama menjabat di DBMPR tahun 2023, Bambang juga meraih Penghargaan Satya Lencana, Karya Satya 20 tahun dari Presiden Joko Widodo karena pengabdiannya selama dua dekade sebagai pegawai negeri sipil.

Pada bulan Juli 2020 hingga September 2021, Bambang Tirtoyuliono juga sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar. Mundur ke jabatan sebelumnya, pada 2018-2020, Bambang adalah Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar.

Dirinya telah cukup berpengalaman berkiprah sebagai Kepala Dinas dari satu bidang ke bidang lainnya. Bahkan terkait mengisi kekosongan kepala daerah juga bukan menjadi pengalaman pertama baginya.

Bambang pernah mendapat kepercayaan untuk mengisi kekosongan pemerintahan Kabupaten Indramayu saat Taufik Hidayat mengajukan cuti dalam rangka Pilbup Indramayu 2020.

Pada tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020, ia resmi dilantik Ridwan Kamil sebagai Pejabat Sementara (Pjs) menggantikan Taufik. Sementara Taufik juga saat itu mengisi posisi sebagai Pjs karena mantan Bupati Indramayu Supendi tersandung kasus korupsi.

Bambang Tirtoyuliono (Foto: Istimewa)

Komisaris PT Migas Hulu Jabar

Pada tahun 2016, Bambang Tirtoyuliono juga pernah mengisi jabatan sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jabar. Ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Migas Hulu Jabar ONWJ hingga saat ini.

Saat ini, Bambang didapuk sebagai Pj Wali Kota Bandung. Setelah resmi dilantik, ia akan meneruskan jabatan untuk periode 21 September 2023 sampai Februari 2025 yang akan datang.

Bambang menyimpan harta kekayaan senilai Rp3.729.722.182 yang dalam daftar LHKPN KPK tercatat pada tanggal 31 Desember 2022. Pada tahun 2021, Bambang melaporkan harta kekayaan sebesar Rp2.855.240.608. Harta kekayaan Bambang ini terdiri dari kekayaan bumi dan bangunan, transportasi dan lain-lain.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin akan melantik resmi enam Penjabat (Pj) bupati/wali kota di Jawa Barat pada tanggal 20 September 2023. Bey memastikan sudah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meresmikan pelantikan enam pejabat tersebut.

Demikianlah profil Bambang Tirtoyuliono PJ Walikota Bandung yang akan menjabat hingga tahun 2025 mendatang.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi