Makna Logo Kereta Cepat Whoosh, Terinspirasi dari Riak Pergerakan Kereta Cepat

| 02 Oct 2023 20:05
Makna Logo Kereta Cepat Whoosh, Terinspirasi dari Riak Pergerakan Kereta Cepat
Kereta cepat Jakarta-Bandung (Antara)

ERA.id - “WHOSSH” sudah resmi ditetapkan sebagai nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan logonya telah dipilih oleh pemerintah. Dari tiga kandidat logo terbaik hasil sayembara, dipilih satu logo untuk KCJB. Publik pun penasaran dengan makna logo kereta cepat Whoosh. 

Nama Whoosh yang disandangkan pada kereta cepat Jakarta Bandung diambil dari kepanjang ‘Waktu, Hemat, Operasi, Optimal, Sistem, Handal’. Nama ini diartikan sebagai ‘cepat’ dalam kesan pertama saat mengetahui kecepatan KCJB. Penamaan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kereta cepat sebagai inovasi layanan transportasi. 

Pemerintah membuka sayembara pembuatan desain calon logo Whoosh. Dari 10 agensi terpilih, didapatkan 3 finalis dengan karya logo terbaik. Kemudian terpilih satu logo yang digunakan sebagai logo KJCB Whoosh. Makna logo kereta cepat Whoosh yang telah diresmikan ini memiliki filosofi mendalam mengenai kebermanfaat serta visi dan misi. 

Apa Makna Logo Kereta Cepat Whoosh

Logo kereta cepat Whoosh telah diresmikan dan terpampang megah di gerbong KCJB sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Logo Whoosh disematkan dengan elegan di samping gerbong, menghiasi di atas jendela kereta. 

Pemenang sayembara logo kereta cepat Whoosh adalah agensi bernama Visious dengan nama PT Visindo Graphics ID. Visious adalah perusahaan atau sebuah studio desain yang beralamat di Jakarta dan berdiri sejak 2011. 

Tampilan atau gambar logo Whoosh telah diunggah oleh akun Instagram resmi Whoosh yaitu @keretacepat_id. Akun tersebut juga menuliskan penjelasan mengenai logo kereta cepat Whoosh yang berbentuk huruf ‘W’ dengan warna kontras yang mencolok dan karakter tegas. 

Kereta cepat Jakarta-Bandung (Antara)

Logo Whoosh dengan warna merah mencolok ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari pergerakan riak yang ditimbulkan oleh kereta cepat. Pergerakkan riak tersebut disimbolkan sebagai manfaat beruntung yang didatangkan oleh Kereta Cepat untuk masyarakat. 

"Sebagai bentuk ekspresi bahwa logo ini memberi ekspresi kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi untuk masa depan," tulis akun tersebut.

Unggahan tersebut juga menyebutkan makna dari lambang huruf W di logo Whoosh, beserta tiga siluet warna merah yang ada di dalam hurufnya. Huruf ‘W’ di logo tersebut menggambarkan gelombang suara yang melesat dalam kecepatan tinggi.

Sementara tiga siluet merah pada huruf W memiliki arti Melaju Cepat, yang maknanya lesatan yang tebal tipis menggambarkan akselerasi untuk mendorong terjadinya perubahan. Kemudian siluet kedua dimaknai sebagai Melesat Tumbuh, yang mana lesatan ke atas berarti laju pertumbuhan yang terus meningkat. Maksud siluet ketiga adalah Efek Lesatan, yang artinya perubahan cepat yang berdampak dahsyat.

Pencetus Nama Whoosh untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, menyampaikan penamaan KCJB Whoosh berasal dari diskusi antarpejabat dan ungkapan kegembiraan masyarakat saat mengikuti uji coba kereta cepat. 

Budi Karya mengatakan ada ungkapan kegemberiaan usai menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung, yakni keluarnya kata Whoosh. Kata itu kemudian didiskusikan dengan Menteri BUMN, Menteri Sekretariat negara, dan Presiden Joko Widodo. 

"Pencetus, jadi, dalam tiga minggu terakhir kami itu berdialog antara Pak Presiden, Pak Pratik, Pak Erick, saya, Pak Triawan dan kawan-kawan, japri-japrian, diskusi gitu ya, dan bersamaan dengan itu kami juga uji coba dengan Pak Luhut, Pak Edo, jadi memang dikatakan itu 'siapa kita? Jaya. Nah kalau di sana itu ungkapan kegembiraan begini ngomong 'whoosh whoosh'," tutur Budi Karya.

Demikianlah penjelasan makna logo kereta cepat Whoosh yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi yang digunakan pada Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Pemilihan logo dilakukan dengan melibatkan panel khusus dan partisipasi langsung dari presiden serta interaksi di berbagai media sosial. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi