Kota Terpanas di Indonesia versi BMKG, Capai 38 Derajat Celcius!

| 07 Oct 2023 08:00
Kota Terpanas di Indonesia versi BMKG, Capai 38 Derajat Celcius!
Kota terpanas di indonesia (unsplash)

ERA.id - Ada momen-momen ketika beberapa kota di Indonesia mengalami suhu ekstrem yang sulit diatasi, khususnya beberapa waktu ini. Hal tersebut membuat warganet saling berspekulasi di media sosial terkait dengan kota terpanas di Indonesia.

Alhasil Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan data terkait dengan beberapa kota-kota yang menduduki peringkat sebagai kota terpanas di Indonesia. 

Beberapa Kota Terpanas di Indonesia

Menurut BMKG, suhu maksimum saat ini berada dalam kisaran 35,4 hingga 38 derajat Celcius, terutama saat siang hari. Berikut beberapa kota terpanas yang dirilis oleh BMKG beberapa waktu ini:

1. Jabodetabek

Namun, jika kita fokus pada Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), suhu maksimumnya berkisar antara 35 hingga 37,5 derajat Celcius.

Meskipun suhu maksimum tertinggi mencapai 37,5 derajat Celcius di Jabodetabek, berdasarkan analisis BMKG, wilayah ini bukan yang terpanas di Indonesia. 

Kota-kota dengan cuaca panas di Indonesia menurut catatan BMKG adalah Semarang, Jawa Tengah, dan Majalengka, Jawa Barat.

2. Semarang

Semarang mencatat suhu tertinggi sebesar 38 derajat Celcius, berdasarkan data dari Kantor Stasiun Klimatologi Semarang pada periode 25-29 September 2023.

3. Majalengka

Majalengka juga mengalami suhu yang sama tingginya dengan Semarang, yaitu mencapai 38 derajat Celcius pada tanggal 28 September 2023, sesuai dengan catatan Stasiun Meteorologi Kertajati.

4. Tangerang Selatan

Selanjutnya, pada tanggal 29 September 2023, wilayah Tangerang Selatan mencatat suhu tertinggi sebesar 37,5 derajat Celsius.

Dimana kota terdingin di Indonesia (unsplash)

Dimana kota terdingin di Indonesia?

Jika kota terpanas sudah banyak dibahas, tidak kalah menarik jika membahas beberapa kota dengan suhu dingin di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kota Mulia

Di peringkat pertama terdapat Kota Mulia, yang terletak di Provinsi Papua. Kota ini memiliki ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan wilayah daratan seluas 883 km². Kota ini dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya.

2. Kota Waghete

Di peringkat kedua, ada Kota Waghete, yang juga berada di Provinsi Papua, tepatnya di Kabupaten Deiyai. Suhu udara di siang hari di Waghete bisa mencapai 15 derajat Celsius, sementara pada malam hari suhunya bisa turun hingga 10 derajat Celsius.

3. Kota Mamasa

Kemudian, kota terdingin di Indonesia adalah Kota Mamasa, yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat, sekitar 340 km dari Kota Makassar. Kota ini terletak di ketinggian 1.900 mdpl, dengan suhu udara sekitar 15 derajat Celsius di siang hari dan turun menjadi 12 derajat Celsius di malam hari.

4. Kota Ruteng

Selanjutnya, ada Kota Ruteng, yang memiliki suhu terdingin keempat di Indonesia. Kota ini terletak di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Ruteng juga dikenal sebagai "Kota Seribu Biara" karena banyaknya bangunan biara yang berdekatan, hanya berjarak 50 hingga 100 meter satu sama lain.

5. Kota Berastagi

Kota Berastagi, yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, masuk dalam daftar kota dengan suhu terdingin di Indonesia. Suhu di kota ini berkisar antara 16 hingga 17 derajat Celsius. Berastagi berada di Kabupaten Karo dan merupakan kota terbesar kedua di dataran tinggi Karo, setelah Kota Kabanjahe.

Selain kota terpanas di Indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi