Kekayaan Gibran Rakabuming Raka Disorot Usai Digadang-gadang Jadi Cawapres Prabowo

| 12 Oct 2023 13:15
Kekayaan Gibran Rakabuming Raka Disorot Usai Digadang-gadang Jadi Cawapres Prabowo
Kekayaan gibran rakabuming raka (Pemkot Solo)

ERA.id - Sebagai anak dari Presiden Joko Widodo, Gibran tidak hanya dikenal sebagai seorang pengusaha sukses, tetapi juga memiliki harga kekayaan yang sering dipertanyakan. Lantas berapa total kekayaan Gibran Rakabuming Raka?

Dalam artikel ini, kita akan membahas kekayaan dan aset yang dimiliki oleh Gibran Rakabuming Raka atau “Mas Walikota”.

Menghitung Kekayaan Gibran Rakabuming Raka

Gibran diketahui memiliki kekayaan yang telah mengalami perkembangan selama beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), saat Gibran mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta, kekayaannya mencapai sekitar Rp 21,15 miliar.

Namun selama satu tahun pertama menjabat sebagai Wali Kota Solo, kekayaan Gibran meningkat sekitar Rp 4 miliar menjadi Rp 25,29 miliar per 31 Desember 2021.

Hingga kemudian, pada 31 Desember 2022, kekayaan Gibran tercatat sebesar Rp 26,03 miliar, menandakan kenaikan hampir Rp 5 miliar selama dua tahun menjabat.

Perlu diketahui, kekayaan Gibran terutama berasal dari aset berupa tanah dan bangunan, yang sebagian besar terletak di wilayah Solo dan Sragen, dengan nilai mencapai Rp 17,33 miliar.

Selain itu, Gibran juga memiliki 7 unit kendaraan, termasuk motor dan mobil senilai Rp 332 juta. Meskipun memiliki aset yang mengesankan, ia juga memiliki utang sebesar Rp 551,58 juta.

Rincian kekayaan Gibran mencakup tanah dan bangunan senilai Rp 17.339.000.000, alat transportasi dan mesin senilai Rp 332.000.000, harta bergerak lainnya senilai Rp 260.000.000, kas dan setara kas senilai Rp 3.101.260.374, harta lainnya senilai Rp 5.552.000.000, dan utang senilai Rp 551.586.004.

Digadang jadi Cawapres Prabowo

Terkait dengan pencalonan Gibran menjadi wakil presiden Prabowo, hal tersebut diusulkan oleh beberapa pengurus cabang dan organisasi sayap Partai Gerindra.

Para pengurus cabang diketahui telah mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024.

Langkah tersebut dianggap sebagai upaya Gerindra untuk memastikan dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang juga ayah dari Gibran.

Gibran digadang jadi Cawapres Prabowo (antara)

Ide ini pertama kali muncul dari relawan politik. Projo Jawa Timur secara resmi mengusulkan Prabowo sebagai calon presiden dan Gibran sebagai calon wakil presiden. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, menyatakan bahwa Gibran adalah "opsi yang paling penting" dalam pemilihan calon wakil presiden bersama Prabowo.

Prabowo sendiri merespons usulan tersebut dengan terbuka. Ia menyatakan bahwa keputusan mengenai calon wakil presiden akan dibahas bersama rekan-rekan dalam koalisi, namun aspirasi rakyat akan menjadi faktor utama dalam penentuan tersebut.

Dalam kata-kata Prabowo, "Jika ini adalah keinginan rakyat, maka kita tidak hanya mendengarkan keinginan elit, tetapi juga memberikan perhatian utama kepada dukungan dari rakyat." Pernyataan tersebut diungkapkan Prabowo setelah pertemuan dengan perwakilan Aktivis 98 di depan rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/10).

Selain kekayaan gibran rakabuming raka, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi