Profil dan Rekam Jejak Anies Baswedan, Salah Satu Calon Presiden Indonesia

| 19 Oct 2023 15:15
Profil dan Rekam Jejak Anies Baswedan, Salah Satu Calon Presiden Indonesia
Anies Baswedan (antaranews)

ERA.id - Hari ini Anies Baswedan datang ke KPU RI untuk mendaftarkan diri sebagai calon presiden Indonesia. Dia datang bersama pasangannya (calon wakil presiden), Muhaimin Iskandar.

Anies bukan nama baru dalam dunia politik Tanah Air. Sebelum ini dia juga menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun, profil dan rekam jejak Anies Baswedan tetap menarik perhatian.

Profil dan Rekam Jejak Anies Baswedan

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat, pada 7 Mei 1969. Namun, masa kecil hingga masa muda dia habiskan di DI Yogyakarta.

Anies adalah anak dari Rasyid Baswedan sekaligus cucu dari H. Abdurrahman Baswedan (A. R. Baswedan). Nama kakek Anies cukup terkenal. Dia adalah pahlawan nasional dan dikenal sebagai nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan, diplomat, mubalig, dan sastrawan.

A.R. Baswedan dahulu juga pernah menduduki beberapa posisi penting, yaitu anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI Kabinet Sjahrir, anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), anggota parlemen, dan anggota Dewan Konstituante.

Sebelum masuk dunia politik, Anies dikenal sebagai seorang akademisi. Hal tersebut tak terlepas dari pengaruh orang tuanya. Ayah Anies adalah dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII), sedangkan ibunya (Aliyah Rasyid Baswedan) adalah dosen dan guru besar emeritus di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Anies adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Kedua adiknya bernama Ridwan Baswedan dan Abdillah Baswedan. Jika Anda penasaran hubungan Anies dengan Novel Baswedan, Anies adalah sepupunya. Seperti diketahui, Novel Baswedan adalah mantan Kasatgas Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan mantan anggota Polri.  

Anies Baswedan adalah lulusan S-1 Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada (UGM). Di kampus tersebut dia dikenal sebagai mahasiswa yang sangat aktif dan kritis, termasuk terhadap pemerintahan.

Dia melanjutkan pendidikan S-2 di Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat (AS). Pendidikan doktoral juga dilakukan di luar negeri, tepatnya di Northern Illinois University, AS.

Anies Baswedan ketika menjadi Mendikbud (Antaranews)

Karier Pekerjaan Anies Baswedan

1.    Peneliti Pusat Antar Universitas Ekonomi UGM

Selesai pendidikan S-1, Anies memulai karier dunia kerja dengan menjadi peneliti dan koordinator proyek di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM.

2.    Manajer Riset IPC, Inc. Chicago

Pada 2004 Anies menyelesaikan studi doktoral. Dia sempat menjadi manajer riser di IPC, Inc. Chicago, asosiasi perusahaan elektronik sedunia.

3.    Direktur Riset Indonesian Institute Center

The Indonesian Institute adalah lembaga penelitian kebijakan publik yang didirikan pada 2004 oleh aktivis dan intelektual muda.

4.    Rektor Universitas Paramadina

Pada 2007 dia dilantik menjadi rektor Universitas Paramadina. Saat menjabat jabatan tersebut, Anies menjadi rektor termuda di Indonesia karena masih berusia 38 tahun.

5.    Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar

Anies adalah pencetus gerakan Indonesia Mengajar. Dia kemudian juga menjadi ketua yayasan. Indonesia Mengajar menjadi gerakan untuk menyebarkan pendidikan ke berabgai tempat di Indonesia yang kekurangan tenaga pengajar.

6.    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)

Pada 2014 Anies Baswedan dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Namun, pada 2016 dia dicopot dari  jabatan tersebut.

7.    Gubernur DKI Jakarta

Sejak 2017 hingga 2022 Anies adalah Gubernur DKI Jakarta. Pemberhentian Anies dari jabatan Gubernur DKI Jakarta tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 100/P Tahun 2022. Keppres tersebut dibacakan sebelum pelantikan Heru Budi Hartono sebagai penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta.

Itulah profil dan rekam jejak Anies Baswedan, salah satu calon presiden Indonesia. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi