Mengapa Makanan Pilot dan Kopilot Harus Beda dan Bagaimana dengan Kebijakan Maskapai?

| 26 Oct 2023 20:05
Mengapa Makanan Pilot dan Kopilot Harus Beda dan Bagaimana dengan Kebijakan Maskapai?
Mengapa makanan pilot dan kopilot harus beda (unsplash)

ERA.id - Mengapa makanan pilot dan kopilot harus beda? Ini adalah pertanyaan yang seringkali muncul bagi orang-orang yang baru saja tahu tentang proses di balik layar penerbangan komersial.

Kita sering mendengar tentang perbedaan menu makanan yang disajikan kepada pilot dan kopilot, tetapi apakah ada alasan khusus di balik peraturan ini? Artikel ini akan membahas alasan di balik praktik ini dan mengapa hal ini dianggap penting dalam dunia penerbangan.

Mengapa Makanan Pilot dan Kopilot Harus Beda

Sebelum membahas lebih lanjut, ada salah satu film komedi yang berjudul “Flying High” atau juga dikenal sebagai “Airplane!”.

Dirilis pada tahun 1980, film ini menampilkan sejumlah momen yang menggelikan ketika ada adegan di mana semua pilot menjadi tidak sadarkan diri setelah makan hidangan ikan.

Namun, sepertinya ada suatu fakta dalam film tersebut. Di banyak maskapai di seluruh dunia, pilot dan kopilot memiliki hidangan makan yang berbeda untuk menghindari nasib serupa.

Tidak lucu kan jika pilot dan co-pilot keracunan makanan yang dapat membuat keduanya tidak mampu untuk terbang?

Beda pemilihan makanan untuk antisipasi keracunan (unsplash)

Fox News melaporkan bahwa pilot umumnya dianjurkan untuk menghindari makanan seperti ikan mentah. Di beberapa maskapai, bahkan pilot memesan dari menu yang berbeda - misalnya, salah satunya akan memesan dari kelas satu, yang lainnya dari bisnis.

Meskipun jarang terjadi, fakta membuktikan jika telah ada kasus keracunan makanan massal di pesawat.

Pada tahun 1982, sepotong puding tapioka membuat 10 anggota kru maskapai penerbangan lumpuh termasuk pilot, kopilot, dan insinyur penerbangan - dalam penerbangan dari Boston ke Lisbon.

Sementara itu pada tahun 2010 sebuah laporan mengatakan bahwa puluhan pilot telah jatuh sakit. Bahkan ada 32 kejadian di mana seorang pilot menjadi tidak sadarkan diri pada tahun 2009, dan 39 kejadian yang dilaporkan pada tahun 2007.

Kemudian pada tahun 1975, 143 dari 364 penumpang dan kru yang terbang dari Tokyo ke Paris dalam penerbangan Japan Air Lines jatuh sakit. Mereka diketahui telah makan omelet yang terkontaminasi dengan bakteri staphylococcal.

Apa kebijakan yang berlaku saat ini?

Meskipun tidak ada aturan tertulis oleh otoritas penerbangan, maskapai dapat menjalankan praktik yang baik untuk membedakan makanan antara pilot dan kopilot sebagai tindakan pencegahan.

Sebagai contoh Korean Air memiliki sistem pemilihan makanan berdasarkan seberapa senior pilot yang memimpin.

"Pilot dan kopilot...makan makanan yang berbeda," kata seorang pilot dalam wawancara.

"Biasanya pilot mendapatkan makanan kelas satu dan kopilot makanan kelas bisnis. Ini hanya sebagai tindakan pencegahan jika salah satu makanan dapat menyebabkan keracunan makanan."

Maskapai lain juga telah menyiapkan makanan terpisah untuk para pilot, bukan hanya terpisah satu sama lain, tetapi juga terpisah dari makanan penumpang yang diproduksi massal.

Hal ini dilakukan bukan hanya untuk melindungi para pilot, tetapi juga memberi mereka variasi makanan - setelah semua, jika mereka terbang rute harian, mereka akan mencoba semua menu.

"Makanan untuk kru didasarkan pada preferensi individu dan persyaratan pekerjaan - makanan tersebut tidak sama dengan yang ditawarkan kepada penumpang, meskipun pilihan hidangan panasnya sama untuk kru dan penumpang kelas bisnis." Kata seorang pilot Aeroflot.

Selain mengapa makanan pilot dan kopilot harus beda, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi