Keren! Mantan Pilot Jet Tempur Kembali Terbang di Usia 90 Tahun, Akui Merasa Seperti Seorang Remaja

| 23 Sep 2021 10:15
Keren! Mantan Pilot Jet Tempur Kembali Terbang di Usia 90 Tahun, Akui Merasa Seperti Seorang Remaja
Clyde Bridger (Dok: 9news)

ERA.id - Mantan pilot jet tempur Clyde Bridger kembali ke kursi kokpit Jet Tempur T-33 di usia 90 tahun. Bridger mengaku dirinya seperti kembali muda setelah berhasil menerbangkan jet tempur tersebut.

Clyde Bridger, seorang veteran berusia 90 tahun, melompat kembali ke kokpit Jet Tempur T-33 pada hari Sabtu sebagai bagian dari perayaan 75 tahun Bandara Oconto J. Douglas Bake di Wisconsin. Bridger mengaku dirinya seperti kembali muda lantaran bisa kembali menerbangkan jet tempur seperti 65 tahun yang lalu.

"Saya merasa seperti remaja lagi. Jarang sekali Anda melihat seseorang terutama seusia saya bahkan masuk ke dalamnya, apalagi benar-benar terbang," kata Bridger, dikutip Wbay, Rabu (22/9/2021).

Menurut Wbay, Bridger terus melakukan penerbangan dengan lisensi sipili miliknya. Namun penerbangan jet tempur pada Sabtu lalu itu merupakan yang pertama kalinya setelah menggunakannya di Perang Vietnam.

Meski pun 65 tahun berlalu, Bridger mengatakan bahwa tidak ada yang berubah sama sekali dengan sistem pengoperasian jet tempur. Dia bahkan menyebut jet tempur itu seperti sebuah sepeda.

"Ini seperti sepeda, Anda tidak pernah lupa caranya jadi saya mengantisipasi bahwa saya tidak akan mengalami masalah. Itu sebabnya saya mendapat pilot keselamatan di belakang," ungkapnya.

Clyde Bridger (Dok: 9news)
Clyde Bridger (Dok: 9news)

Pilot keselamatan dan pemilik pesawat, Steve Jones, turut serta ke kokpit bersama Clyde di Executive Air di Bandara Internasional Austin Straubel, dan lepas landas untuk terbang layang.

Bridger dilaporkan mengenakan gaya pakaian yang sama yang pernah dia pakai ketika terbang 65 tahun yang lalu. Dia juga mengadakan pertunjukan dengan melakukan overhead 360 dan pendaratan touch and go.

Bridger bergabung dengan Angkatan Udara hanya beberapa hari setelah lulus dari SMA Oconto. Setelah menghabiskan lebih dari 20 tahun di San Antonio, dia pensiun pada tahun 1969 dan kembali ke Wisconsin, di mana dia "sejak itu".

Patrick Trepanier, Ketua Oconto Elks Airport Fly-In, mengatakan kepada WBAY menonton Bridger terbang sama seperti "mengangkat rambut di belakang leher Anda."

"Untuk mengetahui bahwa seorang pria berusia 90 tahun seperti Clyde, yang kebetulan berada dalam kondisi fantastis, melakukan pekerjaan yang luar biasa, dan dia adalah anak kampung halaman di atasnya," kata Patrick.

Setelah berhasil menerbangkan dan melakukan berbagai aksi, Clyde Bridger bergabung bersama sesama anggota komunitas yang sudah memberikannya semangat.

Clyde juga mengatakan bahwa dia sudah memiliki rencana kapan bisa menerbangkan jet tempur lagi. "Itu fantastis, seperti dulu," tutupnya.

Rekomendasi