Apa Itu Ekonomi Maritim? Simak Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya di Sini

| 03 Nov 2023 21:03
Apa Itu Ekonomi Maritim? Simak Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya di Sini
Ilustrasi ekonomi maritim. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Ekonomi maritim merupakan istilah yang digunakan terkait kegiatan ekonomi di wilayah kelautan atau maritim. Sedangkan cakupan kegiatan ini dapat dilakukan di kawasan pesisir laut, atau daerah sekitar laut hingga batas tertentu. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini mengenai apa itu ekonomi maritim.

Apa Itu Ekonomi Maritim

Dalam buku Kepemimpinan Maritim (2019), Achmad Taufiqoerrochman menjelaskan bahwa ekonomi maritim adalah kegiatan ekonomi yang mencakup:

  • Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan
  • Industri dan jasa terkait kemaritiman.
  • Transportasi laut
  • Industri penggalangan kapal beserta perawatannya

Dari kegiatan ekonomi di atas, beberapa industri yang terdapat di Indonesia antara lain jasa kapal penyeberangan, pembuatan kapal, reparasi kapal, dan pengiriman barang via laut. Ekonomi maritim merupakan kegiatan ekonomi di pesisir atau sekitar laut yang menghasilkan barang dan jasa.

Kegiatan ekonomi maritim tentunya tidak sama dengan ekonomi kelautan. Sebab, pelaksanaan ekonomi kelautan memerlukan sumber daya alam serta lingkungan sekitarnya. Adapun ekonomi maritim lebih memfokuskan pada industri di bidang kemaritiman untuk menghasilkan barang dan jasa.

Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Contoh kegiatan ekonomi maritim

Praktik ekonomi maritim banyak diterapkan oleh negara kepulauan yang dikelilingi lautan, salah satunya Indonesia.

Di bawah ini adalah tiga contoh kegiatan ekonomi maritim:

Industri perkapalan

Kegiatan ekonomi maritim kebanyakan berpusat pada industri perkapalan. Misalnya, industri perakitan dan jual beli kapal.

Industri logistik atau pengiriman barang melalui laut

Di Indonesia, kegiatan ekonomi ini banyak diterapkan. Sebab, jalur laut dipandang sebagai pemecah masalah kemacetan di jalur darat.

Industri pembangunan pelabuhan

Contoh kegiatan ekonomi maritim berikutnya adalah pembangunan pelabuhan. Sudah tentu, pelabuhan memiliki peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi maritim.

Manfaat Ekonomi Maritim bagi Indonesia

Di bawah ini adalah sejumlah manfaat ekonomi maritim bagi Indonesia, antara lain:

1. Pertumbuhan Ekonomi

Secara berkelanjutan, terwujudnya tol laut sangat membantu kegiatan perekonomian antar pulau.

2. Kesejahteraan Pelaku Usaha

Dalam perekonomian pelaku usaha maritim antara lain nelayan, pembudidaya ikan, dan masyarakat kelautan dengan skala kecil. Seluruh pelaku usaha itulah yang selanjutnya akan menerima kesejahteraan jauh lebih baik.

3. Kelestarian Lingkungan yang Lebih Terpelihara

Manfaat lain dari ekonomi maritim bagi Indonesia, antara lain kelestarian lingkungan laut menjadi lebih terjaga dan terpelihara. Tentunya hal ini memberikan dampak positif berupa sumber daya kelautan akan terus berkelanjutan.

4. Laut Sebagai Pemersatu Bangsa

Banyak daerah terdepan dan tertinggal di Indonesia yang sulit dijangkau. Oleh sebab itu, dengan kehadiran tol laut dan banyak pelabuhan, diharapkan mampu mempermudah sarana transportasi. Ekonomi yang meningkat, tentunya menjadikan kepemilikan bangsa akan menjadi semakin kuat.

5. Pengembangan Kegiatan Ekonomi Maritim

Peningkatan pengembangan kegiatan ekonomi maritim diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Pengembangan ekonomi maritim tersebut sangat diperlukan mengingat besarnya potensi ekonomi maritim yang tersedia.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu ekonomi maritim, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi