Tema dan Rundown Debat Capres Perdana, Acara Dibagi 6 Segmen

| 12 Dec 2023 16:03
Tema dan Rundown Debat Capres Perdana, Acara Dibagi 6 Segmen
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (situs resmi KPU)

ERA.id - Hari ini (12/12/2023) debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan digelar. Debat dimulai pukul 19.00 WIB dengan tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Menurut keterangan Ketua KPU, Hasyim Asyari, debat akan dilaksanakan selama 120 menit atau 2 jam. Terkait rundown debat capres perdana, acara tersebut akan dibagi menjadi enam segmen.

Rundown Debat Capres Perdana

1.       Segmen pertama

Pada segmen pertama, para calon akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja msaing-masing. Mekanismenya, masing-masing paslon menyampaikan informasi tersebut secara bergantian sesuai nomor urut.

2.       Segmen kedua dan ketiga

Segmen ini digunakan untuk pendalaman visi misi. Para panelis yang telah ditunjuk akan mengundi pertayaan. Total, para panelis telah menyiapkan 18 pertanyaan untuk para calon.

Moderator akan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, pihak yang bisa berinteraksi tidak hanya moderator dengan paslon. Antarpaslon juga bisa berinteraksi dan saling sanggah.

3.       Segmen keempat dan kelima

Pada segmen keempat, masing-masing paslon menyampaikan pertanyaan kepada paslon lain. Pada segmen kelima dilakukan tanya jawab antarpasangan calon. Para paslon bisa berinteraksi dan memberikan tanggapan satu sama lain.

4.       Segmen keenam

Segmen keenam adalah penutup. Pada segmen ini masing-masing capres menyampaikan pernyataan penutup.

Ilustrasi debat (freepik)

Daftar Panelis Debat Capres-Cawapres Pertama

Terkait penyelenggaraan debat capres-cawapres pertama, sebelas orang telah dipilih sebagai panelis. Mereka menjalani karantina sejak Minggu (10/12/2023) hingga hari pelaksanaan debat. Para panelis merumuskan berbagai pertanyaan untuk diajukan kepada para peserta debat.

Berikut adalah daftar 11 panelis yang bertanggung jawab terhadap pertanyaan-pertanyaan untuk debat capres-cawapres pertama.

  1. Mada Sukmajati (pakar ilmu politik dari Universitas Gadjah Mada/UGM)
  2. Rudi Rohi (pakar Ilmu politik dari Universitas Nusa Cendana Kupang/Undana)
  3. Lita Tyesta (ahli hukum tata negara dari Unversitas Dipenogoro/Undip)
  4. Khairul Fahmi (pakar hukum dari Universitas Andalas/Unand)
  5. Agus Riewanto (pakar hukum tata negara dari Universitas Sebelas Maret Surakarta/UNS)
  6. Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara dari Universitas Padjadjaran/Unpad)
  7. Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Hukum di Universitas Jember/Unej)
  8. Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017—2020)
  9. Al Makin (Guru Besar Studi Agama di UIN Sunan Kalijaga).
  10. Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  11. Wawan Mas'udi (pakar politik, Dekan Fisipol UGM).​

Jadwal Debat Capres-Cawapres

Perlu diingat bahwa debat capres-cawapres Pemilu 2024 akan dilaksanakan sebanyak 5 kali. Berikut adalah jadwal debat capres-cawapres.

1.       Debat I

Debat akan digelar pada Selasa, 12 Desember 2023. Tema: Hukum, hak asasi manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga (fokus capres).

2.       Debat II

Debat akan digelar pada Jumat, 22 Desember 2023. Tema: Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan (fokus cawapres).

3.       Debat III

Debat akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024. Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik (fokus capres).

4.       Debat IV

Debat akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Tema: Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan desa (fokus cawapres).

5.       Debat V

Debat akan digelar pada Minggu, 4 Februari 2024. Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi (fokus capres).

Itulah penjelasan rundown debat capres perdana. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi