Biaya Pemindahan Tiang Listrik, Begini Tahapan dan Syaratnya

| 01 Dec 2023 20:52
Biaya Pemindahan Tiang Listrik, Begini Tahapan dan Syaratnya
Tiang listrik nyaris roboh di Jalan Raya Ciomas, Kabupaten Bogor (dok BPBD)

ERA.id - Bagi Anda yang sedang merasa terganggu dengan posisi tiang listrik di sekitar Anda, hendaknya tak perlu khawatir. Sebab, ada cara dan juga biaya pemindahan tiang listrik yang bisa Anda ketahui.

Tentunya tidak sedikit masyarakat yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan kehadiran tiang listrik di halaman rumah mereka. Untuk menanggapi hal ini, masyarakat dapat melaporkan dan meminta agar tiang listrik di pekarangan rumah dipindahkan oleh pihak PT PLN (Persero). Permintaan ini dapat diajukan secara langsung oleh pelanggan ataupun melalui PLN Mobile.

Biaya Pemindahan Tiang Listrik (Tahapan, Syarat)

Ilustrasi (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

Cara Pindahkan Tiang Listrik dengan PLN Mobile

Secara umum, PLN berhak untuk memanfaatkan lahan pribadi masyarakat dalam penggunaan pemasangan tiang listrik, dengan sepengetahuan dan izin pemilik lahan sebab hal ini berkaitan dengan saluran utilitas dan kepentingan umum.

Namun, jika pemilik lahan merasa keberatan dan hendak menggeser tiang listrik, yang bersangkutan dapat mengajukan pemindahan tiang listrik PLN, dengan prosedur di bawah ini:

Menghubungi Pihak PLN

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menghubungi pihak PLN setempat, dengan surat elektronik untuk mengajukan permohonan pemindahan tiang listrik. Pemohon juga dapat mengajukan permohonan pemindahan tiang listrik lewat aplikasi PLN Mobile.

Pemohon harus sudah mempunyai pertimbangan dan alasan yang kuat, untuk mengajukan pemindahan tiang listrik atau menggesernya dalam jarak dekat.

Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Dokumen yang dimaksud antara lain:

  • Nama dan nomor identitas sesuai KTP
  • Nomor ID pelanggan atau ID meter
  • Alamat lengkap lokasi pengajuan pergeseran
  • Surat persetujuan pemindahan tiang listrik dari RT/RW setempat
  • Nomor telepon aktif yang biasa dihubungi
  • Alasan pemindahan tiang listrik

Proses Persetujuan

Untuk tahap berikutnya, pemohon menunggu keputusan dari PLN apakah disetujui atau tidak. Apabila dikuasakan maka Anda harus menggunakan meterai. Pemohon juga harus mempersiapkan lahan untuk penempatan tiang listrik baru.

Pemohon juga harus melengkapi kesepakatan warga lokal setempat. Ini harus dilakukan sebab pada saat realisasi pelaksanaan pemindahan gardu listrik, akan dilakukan pemadaman untuk sementara waktu.

Biaya Pemindahan Tiang Listrik dan Proses Pembayarannya

Mengenai biaya pemindahan tiang listrik, tidak ada peraturan khusus secara rinci. Sebab, pemindahan tiang listrik adalah keputusan dan kewenangan PLN wilayah setempat. Sehingga kebijakannya pasti akan berbeda.

Tarif pemindahan tiang listrik sepenuhnya akan dibebankan kepada pemohon, setelah survei langsung ke lokasi dilakukan oleh pihak PLN.

Biayanya juga ditentukan oleh penilaian PLN, termasuk tingkat kesulitan dan lokasi tiang listrik. Paling tidak, diperlukan biaya antara Rp1 juta sampai Rp4 juta untuk proses pemindahan tiang listrik di lingkungan rumah.

Jika biaya sudah disetujui, pemohon dapat mengajukan nomor register yang dibayarkan di kantor POS atau loket mitra PLN. Pembayaran biaya pemindahan tiang listrik juga dapat dilakukan lewat ATM antara lain Bank BRI, Mandiri, dan BCA melalui virtual account.

Demikianlah ulasan tentang biaya pemindahan tiang listrik bagi Anda yang hendak memindahkan tiang listrik di depan rumah Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi