Profil Cherlisa dan Alfito Deannova, Moderator Debat Cawapres di JCC Senayan

| 20 Dec 2023 23:00
Profil Cherlisa dan Alfito Deannova, Moderator Debat Cawapres di JCC Senayan
Profil Liviana Cherlisa (Instagram)

ERA.id - Acara debat cawapres pada Jumat (22/12) bakal dimoderatori oleh Liviana Cherlisa dan Alfito Deannova. Kedua sosok yang akan memandu jalannya debat perdana cawapres ini merupakan seorang jurnalis berpengalaman. Profil Cherlisa dan Alfito Deannova pun menarik untuk disimak. 

Cherlisa dan Alfito Deannova bakal mengiringi acara debat cawapres yang disiarkan secara on air pada Jumat mendatang pukul 19.00 WIB. Debat yang mempertemukan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD ini bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memilih Cherlisa dan Alfito Deannova untuk memoderasi debat agar berjalan lancar dan sesuai dengan alur atau sistem acara. Lantas seperti apa profil Cherlisa dan Alfito Deannova?

Profil Cherlisa Moderator Debat Cawapres

Liviana Cherlisa berprofesi sebagai news anchor sekaligus produser dan pembawa berita di media Kompas TV.  Liviana lahir di Jakarta pada 9 Desember 1989. Ia lahir di keluarga berdarah Maluku Utara yang mengalir dari sang ayah. 

Liviana Cherlisa pernah mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar, Jakarta dari tahun 2007-2011. Perempuan berusia 34 tahun ini pernah menjadi finalis Miss Indonesia 2009 sebagai perwakilan dari Maluku Utara. 

Cherlisa mengawali karier di industri media penyiaran sejak tahun 2009 sebagai pembaca berita di MNCTV. Cherlisa kemudian pindah ke Kompas TV pada tahun 2012. Selama bergabung dengan Kompas TV, dirinya membawakan beberapa program mulai dari Dua Arah, Sapa Malam Kompas TV, dan Livi in Point.

Pada tahun 2015, dirinya diangkat menjadi News Producer. Sampai saat ini Cherlisa masih menjadi news producer dan pembawa berita di Kompas TV. 

Profil Alfito Deannova Moderator Debat Cawapres

Alfito Deannova merupakan seorang jurnalis yang bekerja di Detik.com sebagai Pemimpin Redaksi. Deannova lahir di Jakarta pada 17 September 1976. Pria yang saat ini  berusia 47 tahun ini pernah menempuh pendidikan S-I jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan S-2 Komunikasi Politik di almamater yang sama. 

Profil Alfito Deannova(Instagram)

Deannova memulai karier di bidang penyiaran dengan bekerja sebagai penyiar radio. Deannova menjadi penyiar radio Suara Kejayaan (SK) 101,6FM selama tiga tahun sejak 1996 hingga 1999. 

Pada tahun 2000, Deannova bergabung dengan SCTV dan memulai kariernya sebagai reporter atau peliput lapangan dalam program berita Liputan 6. Seiring berjalannya kariernya, dirinya kemudian menjadi presenter program berita. Pada tahun 2007, Deannova pindah ke Lativi yang kini bernama TvOne. 

Deannova memutuskan keluar dari TvOne setelah delapan tahun. Ia melabuhkan karier selanjutnya di CNN Indonesia dengan menjabat sebagai Direktur. Ia juga diberi kepercayaan untuk memegang posisi Pemimpin Redaksi detik.com sejak tahun 2019. 

Deannova juga membuat program talkshow sendiri yang ia acaranya ia beri nama Alfito Show. Melalui programnya tersebut, Deannova berhasil memboyong piala Panasonic Awards untuk kategori News Talkshow. Selain bergelut di bidang jurnalistik, ia juga pernah menulis buku berjudul “Selebriti Mendadak Politisi” yang terbit tahun 2008. 

Daftar Panelis Debat Cawapres

KPU juga telah merilis sejumlah nama panelis dalam acara debat perdana cawapres. Ada sebanyak 11 orang yang ditunjuk untuk menjadi panelis sebagai tim penyusun pertanyaan. Para panelis terdiri dari kalangan akademisi, ekonom, birokrat, dan perwakilan dari organisasi non-pemerintah. 

Berikut ini nama-nama panelis dalam acara debat cawapres:

  1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020)
  2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember)
  3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Atma Jaya 2015-2023)
  4. Fauzan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
  5. Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia)
  6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN)
  7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM)
  8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025)
  9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro)
  10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
  11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS.

Demikianlah profil Cherlisa dan Alfito Deannova yang menjadi moderator debat cawapres pada Jumat (22/12). Baca juga berita debat cawapres digelar di JCC Senayan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi