Perbedaan Debat Perdana Capres dan Cawapres yang Harus Diketahui

| 22 Dec 2023 18:00
Perbedaan Debat Perdana Capres dan Cawapres yang Harus Diketahui
Cawapres 2024; Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana untuk calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024. Debat ini akan berlangsung malam ini, Jumat 22 Desember 2023 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB. Terdapat perbedaan debat perdana Capres dan Cawapres pada beberapa sisi.

Dalam debat ini, akan dipertemukan tiga orang kandidat, yaitu Cawapres nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Ketiga kandidat akan beradu gagasan terkait isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Debat ini merupakan debat kedua yang digelar KPU RI, setelah pada 12 Desember 2023 lalu KPU telah menyelenggarakan debat untuk Calon Presiden (Capres). Pada debat perdana untuk cawapres ini terdapat sejumlah perbedaan dengan capres yang sudah digelar sebelumnya.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari. (Antara)

Perbedaan Debat Perdana Capres dan Cawapres

Adapun perbedaan tersebut di antaranya adalah:

Lokasi

Debat Capres pada 12 Desember 2023 lalu digelar di halaman KPU RI. Sedangkan untuk debat Cawapres malam ini, debat digelar di  Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Anggota KPU, Auguzt Mellaz.

Alat Bantu

Pada debat Cawapres kali ini, peserta diperbolehkan membawa alat bantu dalam bentuk kertas dan alat tulis ke podium. Namun, saat debat berlangsung, peserta tidak diperbolehkan membawa alat bantu elektronik. Panitia nantinya akan menyediakan kertas dan alat tulis. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan usulan dari tim semua pasangan calon.

Format

Format debat Cawapres juga akan berbeda dengan debat Calon Presiden (Capres) yang telah digelar Selasa, 12 Desember 2023 lalu di gedung KPU, Jakarta, dengan posisi melingkar. Format debat Cawapres ini akan mengambil konsep semi town hall meeting. 

LO Penonton

Hasyim juga menjelaskan bahwa pada debat Cawapres malam ini akan ada Liaison Officer (LO) dari masing-masing pasangan calon (paslon). LO ini akan berada di area debat untuk mengendalikan penonton agar tertib selama debat berlangsung. LO juga akan menjadi pengendali suasana di masing-masing pasangan calon sehingga akan mengendalikan kehadiran dan tata tertib dalam ruangan debat.

Podium Disediakan untuk Ketiga Cawapres

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan fasilitas podium sederhana untuk debat ketiga cawapres.

"Hal yang jadi catatan-catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama. Di antaranya semua tim paslon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti, (debat) kedua dan seterusnya masing-masing sampai (debat) kelima, itu disiapkan podium sederhana," jelas Hasyim.

Menurut Hasyim, podium ini juga dijadikan sebagai sarana bagi para capres-cawapres untuk tampil di debat-debat berikutnya. Keputusan memanfaatkan podium diambil berdasarkan evaluasi dan usulan dari tiga tim pasangan calon (paslon) capres-cawapres yang diakomodasi oleh KPU.

Adanya perbedaan ini diharapkan mampu membawa suasana baru bagi debat Cawapres yang akan digelar pada Jumat, 22 Desember 2023. Selamat menyaksikan, ya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi