Jelang Debat Capres, Pendukung Ganjar Geber-geber Motor di Depan Rumah Pemenangan Prabowo di Jakpus

| 12 Dec 2023 18:45
Jelang Debat Capres, Pendukung Ganjar Geber-geber Motor di Depan Rumah Pemenangan Prabowo di Jakpus
Massa pendukung Ganjar-Mahfud (Dok: ERA/Sachril Agustin)

ERA.id - Massa pendukung calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD datang ke sekira kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat (Jakpus), jelang debat capres.

Pantauan ERA, massa Bararaja Ganjar datang sekira pukul 16.30 WIB dengan sepeda motor dari Jalan Imam Bonjol. Satu mobil komando beserta bendera Merah Putih turut dibawa massa ini.

Polisi yang berjaga langsung meminta massa putar balik ke arah Taman Suropati. Massa pun putar balik melewati rumah pemenangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Saat mereka putar balik, massa ini menggeber-geber dan membunyikan klakson sepeda motornya. Orator pun berteriak nama Ganjar dan Mahfud MD saat melewati rumah pemenangan Prabowo-Gibran. 

"Siapa capres kita? Siapa cawapres kita? Ganjar-Mahfud, menang satu putaran," ujar orator.

Kemudian, massa mengarah ke arah Taman Suropati. Sejauh ini, mereka belum terlihat kembali ke gedung KPU.

Polisi mensterilkan kawasan gedung KPU. Sementara Jalan Imam Bonjol mengarah ke gedung KPU ditutup.

Untuk diketahui, tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Rekomendasi