Kelompok yang Dapat Diskon Tiket KAI 2024, Apakah Anda Salah Satunya?

| 07 Feb 2024 20:45
Kelompok yang Dapat Diskon Tiket KAI 2024, Apakah Anda Salah Satunya?
Kelompok yang dapat diskon tiket KAI 2024 (unsplash)

ERA.id - Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan kesempatan bagi sejumlah kelompok masyarakat untuk menikmati diskon tiket kereta pada tahun 2024. Lantas mana saja yang termasuk kelompok yang dapat diskon tiket KAI 2024?

Diskon bertujuan untuk memberikan akses lebih luas kepada berbagai kalangan dan instansi agar dapat menikmati perjalanan kereta dengan tarif yang lebih terjangkau.

Melalui tarif reduksi yang diterapkan, KAI berkomitmen untuk mendukung mobilitas dan konektivitas antar kota, sehingga memberikan manfaat positif bagi masyarakat yang menggunakan layanan kereta api.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai kelompok masyarakat yang berhak mendapatkan diskon tiket KAI pada tahun 2024 serta informasi terkait kebijakan tarif reduksi yang diterapkan oleh KAI.

Kelompok yang Dapat Diskon Tiket KAI 2024

Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki kebijakan diskon yang beragam untuk sejumlah kelompok masyarakat pada tahun 2024. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Lansia

Untuk penumpang lanjut usia (lansia) yang menggunakan kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif, KAI akan memberikan diskon sebesar 20 persen.

Adapun syarat untuk mendapatkan diskon ini adalah penumpang berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

  1. Veteran Perang

Bagi legiun veteran Republik Indonesia (RI), KAI memberikan diskon sebesar 50 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif pada hari Selasa sampai Kamis, kecuali hari besar atau libur nasional dan hari-hari ramai lainnya yang ditetapkan oleh perusahaan.

Kemudian pada hari Jumat sampai Senin, serta hari besar atau libur nasional dan hari-hari ramai, legiun veteran RI masih berkesempatan mendapatkan diskon sebesar 30 persen.

  1. TNI-Polri

Anggota TNI dan Polri yang aktif, termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri, juga mendapatkan keuntungan dengan diskon sebesar 25 persen untuk kereta api komersial kelas eksekutif, dan 50 persen untuk kelas ekonomi dan bisnis.

Namun, diskon tersebut tidak berlaku untuk keluarga anggota TNI/Polri dan PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

Diskon KAI mencapai 50 persen (unsplash)
  1. Awak Media

Wartawan juga tidak ketinggalan, karena KAI memberikan diskon sebesar 20 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan syarat menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

  1. Disabilitas

Bagi penyandang disabilitas, KAI memberikan diskon sebesar 20 persen untuk kereta jarak jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Syarat untuk mendapatkan diskon ini, penumpang harus membawa KTP atau surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.

  1. Mahasiswa dan Dosen

Terakhir, sivitas akademika juga mendapat penghargaan dengan diskon sebesar 10 persen untuk dosen dan tenaga kependidikan dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

Diskon yang sama juga berlaku untuk anggota ikatan alumni dari universitas-universitas tersebut. Keseluruhan kebijakan diskon ini mencerminkan komitmen KAI dalam memberikan akses perjalanan yang lebih terjangkau dan mendukung berbagai lapisan masyarakat.

Adapun beberapa universitas tersebut di antaranya: UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, ITS, UNY, Unair, Unair, Undip, Unnes, dan USM.

Selain kelompok yang dapat diskon tiket KAI 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi