Naik Pesawat Boleh Pakai Celana Pendek? Begini Penjelasannya

| 07 May 2024 07:30
Naik Pesawat Boleh Pakai Celana Pendek? Begini Penjelasannya
Ilustrasi (Unsplash/Suhyeon Choi)

ERA.id - Tahukah Anda, penggunaan pakaian saat bepergian dengan transportasi pesawat ternyata dapat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan.

Oleh sebab itu, sebaiknya tentukan outfit yang tepat saat naik pesawat, khususnya untuk penerbangan jarak jauh. Adapun salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah, apakah naik pesawat boleh pakai celana pendek?

Seperti yang dilansir dari Express.co.uk dan Dailymail.co.uk, simak ulasannya di bawah ini.

Apakah naik pesawat boleh pakai celana pendek?

Bagi sebagian penumpang, menggunakan celana pendek memang cukup membuat nyaman selama penerbangan. Namun, tahukah Anda, ternyata ada risiko yang mengintai di balik penggunaan celana pendek selama di pesawat. Seorang awak kabin asal Arizona, Tommy Cimato, merekomendasikan penumpang agar menghindari mengenakan celana pendek di dalam pesawat.

Alasannya, sejumlah area di pesawat rawan terdapat kuman sehingga penumpang dianjurkan tidak melakukan kontak langsung dengan area tersebut, misalnya jendela, kursi, dan toilet.

Kuman yang menempel di kulit memang tidak langsung membahayakan penumpang. Namun, hal yang dikhawatirkan yaitu jika penumpang menyentuh area mulut setelah menyentuh anggota tubuh lain yang bersentuhan langsung dengan area kotor di pesawat, sehingga kuman memiliki potensi masuk ke tubuh melalui mulut.

Oleh karena itu, penumpang disarankan agar mengenakan celana panjang selama penerbangan berlangsung. Harapannya, penumpang akan terhindar dari kontak langsung dengan kursi sehingga risiko terpapar kuman di dalam pesawat dapat dihindari.

Pakaian yang sebaiknya digunakan saat naik pesawat

Lantas, pakaian apa yang nyaman digunakan saat di pesawat sekaligus mampu melindungi kita saat di pesawat? Dilansir dari Reader’s Digest, simak saran di bawah ini:

Celana panjang bahan melar

Celana panjang dengan bahan stretchy alias melar yang digunakan untuk bawahan adalah pilihan terbaik. Pakaian tersebut memberikan kenyamanan bagi penumpang sekaligus melindungi kulit dari sentuhan langsung dengan area kotor di pesawat. Sebaiknya jangan menggunakan celana pendek atau celana berbahan jeans ketat, sebab menjadikan tubuh Anda tidak nyaman, khususnya untuk perjalanan jauh.

Cardigan

Cardigan juga dapat menjadi pilihan outfit saat Anda naik pesawat. Selain tampil stylish, cardigan akan melindungi Anda dari sentuhan langsung dari sejumlah area kotor yang ada di pesawat. Saat di dalam pesawat, Anda bisa menggunakan cardigan agar terlindungi dari paparan AC. Begitu Anda turun dari pesawat, Anda dapat melepas cardigan dengan mudah.

Ilustrasi cardigan (Leeloo Thefirst/Pexels)

Atasan bahan katun 

Sebagai atasan, sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan katun, sutra, wol, atau linen. Bahan-bahan tekstil tersebut akan membuat sirkulasi udara lebih lancar ke dalam tubuh sehingga penumpang lebih nyaman. Selain itu, pilih atasan yang agak longgar sehingga tubuh dapat bebas bergerak. Sebaiknya jangan gunakan bahan poliester atau rayon sintetis sebab akan menahan kelembapan udara dan menjadikan tubuh mudah bau.

Kaos kaki elastis 

Pemilihan kaos kaki elastis atau kaos kaki kompresi akan membantu melancarkan sirkulasi darah Anda. Sebab, duduk dalam waktu lama akan membatasi aliran darah dan berisiko membuat kaki bengkak.

Demikianlah ulasan tentang apakah naik pesawat boleh pakai celana pendek atau tidak. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi