Alasan Tidak Boleh Pakai Sandal saat Naik Pesawat, Ternyata Ini Sebabnya!

| 05 Nov 2023 06:08
Alasan Tidak Boleh Pakai Sandal saat Naik Pesawat, Ternyata Ini Sebabnya!
Ilustrasi penumpang pesawat (dok. unsplash/Novi Thedora)

ERA.id - Mengenakan sandal saat naik pesawat selama ini memang tidak ada aturan formal yang melarang, akan tetapi mengenakan sandal saat naik pesawat ternyata tidak dianjurkan. Lantas apa alasan tidak boleh pakai sandal saat naik pesawat?

Alasan Tidak Boleh Pakai Sandal Saat Naik Pesawat

Ada beberapa alasan mengapa tidak direkomendasikan menggunakan sandal saat naik pesawat. Merangkum situs Love The Maldives, di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa lebih baik tidak memakai sandal saat naik pesawat:

Berpotensi Terlepas di Bandara

Hal ini juga bisa terjadi pada Anda. Saat mengejar waktu penerbangan, mungkin Anda harus berlari. Dalam kondisi tersebut, sandal jepit atau selop akan mudah terlepas. Oleh karena itu, Anda lebih baik menggunakan sepatu.

Jadi Masalah Saat Darurat

Alasan yang paling rasional untuk tidak menggunakan sandal saat naik pesawat adalah karena dapat menjadi masalah saat kondisi darurat. Penggunaan sepatu cenderung lebih aman, sebab kulit tidak langsung terpapar panas atau dingin.

Di medan berminyak ataupun terjal, sandal jepit akan mempersulit Anda menyelamatkan diri. Sementara Anda juga tidak mungkin melepas sandal tersebut.

Tidak Nyaman

Alasan selanjutnya adalah sandal jepit dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat menempuh perjalanan jauh di dalam pesawat. Sebab, suhu di dalam pesawat terasa dingin. Hal ini dapat membuat Anda kedinginan untuk jangka waktu yang lama.

Kurang Higienis

Jika Anda orang yang sangat memperhatikan kebersihan, lebih baik gunakan sepatu yang menutupi kaki. Terutama jika Anda harus ke toilet pesawat, mungkin saja kaki Anda akan terkena kotoran atau bakteri.

Ilustrasi (Unsplash/Suhyeon Choi)

Hal yang Tidak Disarankan untuk Digunakan Saat Naik Pesawat

Mengutip situs Travel + Leisure, selain memakai sandal, di bawah ini adalah barang-barang yang tidak disarankan untuk dipakai saat naik pesawat:

Piyama

Piyama mungkin terasa nyaman buat Anda. Namun, saat di pesawat atau di tempat umum, sebaiknya jangan gunakan piyama. Sebagai gantinya, gunakanlah celana longgar dan nyaman yang dilengkapi dengan karet.

Perhiasan Logam Besar

Perhiasan mungkin Anda gunakan untuk mempercantik diri. Namun saat akan naik pesawat, sebaiknya Anda melepas perhiasan ini, terlebih jika Anda mengenakan logam besar. Hal ini mungkin akan membuat Anda tertahan beberapa saat di petugas keamanan.

Pakaian Satu Lapis

Saat naik pesawat, sebaiknya Anda jangan menggunakan satu lapis pakaian, karena Anda tidak memahami kondisi di dalam pesawat.

Pakaian beberapa lapis ini berguna jika kondisi di dalam pesawat sangat dingin sehingga dapat menghangatkan badan. Sebaliknya, jika suhu agak panas, Anda dapat melepas lapisan pakaian.

Pakaian yang Tidak Sopan

Beberapa maskapai penerbangan melarang penumpang mengenakan pakaian yang tidak sopan. Bisa jadi hal ini akan berlaku subjektif, sebab mungkin arti 'tidak sopan' akan berbeda-beda untuk masing-masing orang. Pakaian ini mungkin dapat berupa bikini atau pakaian lainnya yang terlalu terbuka.

Namun di sinilah peran dari petugas maskapai. Jika mereka menilai pakaian Anda tidak sopan, maka Anda akan diminta berganti pakaian. Jika Anda menolak, kemungkinan besar Anda dilarang masuk ke dalam pesawat.

Parfum

Anda boleh saja menggunakan parfum, tetapi jangan sampai terlalu menyengat. Sebab bisa jadi ada penumpang yang sensitif dengan bau, sehingga menjadikan mereka tidak nyaman.

Demikianlah ulasan tentang alasan tidak boleh pakai sandal saat naik pesawat. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi