Profil Mochammad Afifuddin dan Rekam Jejaknya Sebelum Jadi Ketua KPU

| 01 Aug 2024 19:00
Profil Mochammad Afifuddin dan Rekam Jejaknya Sebelum Jadi Ketua KPU
Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua KPU Mochammad Afifuddin/ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

ERA.id - Mochammad Afifuddin resmi dilantik sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk periode 2024-2027. Ia dilantik untuk menggantikan Hasyim Asy’ari yang dipecat atas kasus pelecehan seksual. Simak rekam jejak dan profil Mochammad Afifuddin di bawah ini.

Penetapan Mochammad Afifuddin dilakukan berdasarkan rapat pleno yang dilaksanakan oleh pimpinan KPU pada Minggu (28/7/2024). Komisioner KPU, August Mellaz, menjelaskan penunjukan (Plt) Ketua KPU ini untuk keperluan kebutuhan, tugas, dan tanggung jawab organisasi, khususnya persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Posisi definitif dari Ketua KPU Pak Mochammad Afifuddin akan menjalankan tugasnya hingga akhir masa jabatan keanggotaan Komisi Pemilihan Umum periode 2022-2027,” kata August Mellaz pada Minggu (28/7/2024).

Setelah penunjukan dilakukan secara resmi, Mochammad Afifuddin pun memohon dukungan agar diberi kelancaran dalam menjalankan amanah sebagai (Plt) Ketua KPU RI. KPU RI akan segera mempersiapkan proses Pilkada 2024. Ia berharap Pilkada 2024 ini bisa berjalan dengan lancar.

“Mohon bantuan mohon dukungan dari kawan-kawan sekalian untuk melanjutkan amanah menahkodai KPU,” jelas Afifuddin di Kantor KPU, Jakarta pada Minggu (28/7/2024).

Lalu siapakah Mochammad Afifuddin dan bagaimana rekam jejaknya?

Gedung KPU/VOI

Profil Mochammad Afifuddin

Mochammad Afifuddin atau yang akrab disapa Afif lahir pada 1 Februari 1980 di Sidoarjo, Jawa Timur. Mengutip situs resmi KPU, Afif sangat aktif dalam berorganisasi sejak ia menempuh pendidikan di bangku perkuliahan.

Ia pernah menjadi Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk periode 2000-2001. Ia juga tercatat sebagai Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Setelah menyelesaikan perkuliahannya, Afif melanjutkan pengabdiannya di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) UIN bidang isu Islam dan Demokrasi. Ia juga meneruskan studi Magister Manajemen Komunikasi Politik di Universitas Indonesia pada tahun 2005-2007.

Semasa menjalani perkuliahan, Afif aktif menulis artikel dan resensi di media nasional. Bahkan Afif juga menulis beberapa buku yang menjadikan namanya semakin populer di mata publik.

Rekam jejak Mochammad Afifuddin

Rekam jejaknya di aktivitas kepemiluan sudah bermula sejak Pemilu 1999. Pada saat itu, Afif menjadi relawan pemantau di tempat pemungutan suara (TPS). Selanjutnya, ia menjadi Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) periode 2013-2015.

Pada tahun 2017, Afif menjadi anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga. Pada masa-masa terakhir tugasnya, Afif menjadi Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), ex officio perwakilan dari unsur Bawaslu RI untuk periode 2020-2022.

Setelah purna tugas di Bawaslu, Afif meneruskan karier sebagai Anggota KPU RI periode 2022-2027 sebagai Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, serta Wakil Ketua Divisi Data dan Informasi.

Pada saat ini, Afif dipilih sebagai (Plt) Ketua KPU RI menggantikan Hasyim Asy’ari yang terbelit kasus pelecehan seksual. Proses penunjukannya pun dapat dikatakan cepat. Hanya membutuhkan waktu 1x24 jam pasca DKPP memberikan sanksi pemecatan kepada Hasyim Asy’ari.

Demikianlah ulasan tentang profil Mochammad Afifuddin yang resmi dilantik sebagai Ketua KPU RI.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi