Ridwan Kamil Sebut Akan Buat Festival Internasional di Pasar Tanah Abang Agar Tak Sepi Pengunjung

| 27 Oct 2024 20:40
Ridwan Kamil Sebut Akan Buat Festival Internasional di Pasar Tanah Abang Agar Tak Sepi Pengunjung
Ridwan Kamil-Suswono. (Antara)

ERA.id - Calon gubernur (cagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengatakan dirinya akan mempromosikan Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat (Jakpus) agar pasar ini bisa bersaing di tengah perkembangan ekonomi digital.

"Sehingga untuk mempromosikan Tanah Abang, kita bisa membuat festival Tanah Abang secara internasional, meramaikan secara bulanan, mingguan, tahunan, sehingga aktivitas fisik dari manusia bisa datang lagi ke sana," kata RK menanggapi penjelasan cagub Jakarta Pramono Anung dalam debat Pilgub Jakarta di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Minggu (27/10/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menambahkan dirinya juga akan memerintahkan Bank DKI untuk memberikan modal seluas-luasnya ke para pedagang di Pasar Tanah Abang. Dia lalu berucap akan merevitalisasi Pasar Tanah Abang agar berkembang semakin baik lagi.

"Waktu saya blusukan ke Tanah Abang, masih ada tanah Pasar Jaya yang satu lantai ya, sehingga kita konsepkan nanti di sana ada pasar berbentuk baru, temanya ternak misalkan. Tapi di atasnya ada hunian untuk Gen Z, anak-anak Tanah Abang bisa tetap tinggal di pusat kota meramaikan ekonomi Tanah Abang," jelasnya.

Sebelumnya, Pramono Anung menyampaikan dirinya sudah blusukan ke Pasar Tanah Abang. Di sana, dia mendapat keluhan dari para pedagang tentang banyak orang yang lebih memilih belanja online ketimbang datang ke pasar.

Pramono lalu menyebut pemerintah daerah harus berpihak ke pedagang agar pertumbuhan ekonomi meningkat. Satu di antara caranya dengan membantu promosi dan memberikan modal.

"Untuk itu kami telah menyiapkan Rp300 miliar untuk membantu permodalan bagi para pedagang yang ada di Tanah Abang, terutama untuk pedagang menengah ke bawah. Dan yang tidak kalah pentingnya dan yang tidak kalah pentingnya, kami akan membuka lapangan kerja untuk 500 orang, terutama UMKM yang nanti mereka bisa berjualan di Tanah Abang," ucap Pramono saat debat Pilgub Jakarta.

Rekomendasi