Termometer Gun Dapat Rusak Otak, Faktanya

| 20 Jul 2020 12:38
Termometer Gun Dapat Rusak Otak, Faktanya
Termometer gun diklaim merusak otak (Dok. Turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar video yang diunggah akun facebook Sony H. Waluyo tentang percakapan antara Helmy Yahya dengan Ichsanuddin Noorsy. Dalam percakapan tersebut, Ichsanuddin mengaku tak mau diukur suhunya dengan termometer gun.

Termometer gun diklaim dapat merusak otak. Akun facebook Sony tersebut juga menuliskan dalam statusnya soal kerusakan tak hanya pada otak tapi juga kelenjar pineal.

Berikut transkrip percakapan video tersebut:

Ichsanuddin Noorsy (IN): Paranoid selesai…

Helmi Yahya (HY): Sekarang lebih gila ya dipake handgun…

IN: Pake handgun, dan, tapi saya nolak kalau saya, terus terang.

HY: Oh ya?

IN: Saya nolak. Kalau Anda mau periksa, bukan periksa kepala saya, periksa sini (menunjukkan punggung telapak tangan), kenapa? Karena handgun termometer itu, itu untuk memeriksa kabel panas. Lasernya dipakai untuk laser memeriksa kabel panas bukan untuk meriksa untuk temperatur manusia. Dan kita mau terima! (tertawa) Dan mereka jual alat dengan mahal! Coba kebayang kan? Bagaimana mereka jual alat tapi kemudian kita dibodohi kepala kita ditembak laser, kita tidak tahu dampak kerusakan pada struktur otak kayak (kue?) gimana gitu ya, kalau saya gak mau.

HY: Mau mereka nembak ke sini mau?

IN: Mau. Jadi beberapa, kalau mereka gak mau saya, saya gak mau ngerusak, ngerusak, ini ciptaan Allah, gitu ya, Anda rusak hanya karena kebetulan Anda curigai temperatur Anda tinggi; waaah nanti dulu, gak bisa dong, haha. Dah, posisi di situ ya. Nah itu bagian dari paranoid, posisi dia itu curiga.

HY: Jadi kan by design ini kan? Ada yang mendesain.

Penjelasan

Mengutip laman turnbackhoax.id, dijelaskan sinar laser pada termometer non kontak bukan untuk mengukur temperatur, tapi hanya membantu membidik area yang akan diukur suhunya. Daya yang digunakan pada laser tersebut juga lebih rendah dari 1 miliwatt.

Laser pada termometer gun hanya berbahaya saat disorot langsung ke mata. Energinya yang kecil tak akan mampu merusak jaringan kulit manusia, apalagi menembus otak. 

termometer

Contoh pada sinar matahari saja jatuh ke permukaan bumi memiliki kekuatan antara 1.321 sampai 1.413 watt per meter persegi. Kekuatan sinar matahari ini lebih kuat daripada sinar laser dari termometer gun. Tapi, tak ada yang khawatir otaknya rusak karena radiasi matahari tersebut.

Termometer infrared, termometer gun bekerja dengan mengukur energi dan emisivitas gelombang infra merah yang diradiasikan objek yang ingin diukur suhunya. Adapun sinar lasernya hanya membantu memvisualisasikan area yang akan diukur, bukan untuk mengukur suhu. 

Lalu jenis termometer memang ada yang digunakan untuk kepentingan industri maupun medis. Untuk medis, pengukuran suhu diberi jarak maksimal 4 cm. Hasilnnya akan sama dengan pengukuran suhu dengan termometer konvensional yang dimasukkan ke dalam mulut. 

Berdasarkan keterangan di atas, klaim laser termometer gun akan merusak otak tak benar. Unggahan dengan klaim termometer gun dapat merusak otak merupakan konten yang menyesatkan.

Tags : covid-19
Rekomendasi