Klaim Temukan Obat COVID-19 Pengakuan Hadi Pranoto Dikecam dr Dirga Rambe

Tim Editor

Dokter Dirga Rambe (Twitter)

ERA.id - Wawancara antara musisi Anji dengan pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto, viral di media sosial. Hadi Pranoto mengaku telah mengembangkan serum antibodi COVID-19 yang bisa menyembuhkan pasien COVID-19.

Video wawancara tersebut tampaknya kini sudah dihapus dari YouTube karena kontroversial.

Menanggapi video tersebut, pegiat kesehatan dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, memastikan bahwa informasi soal serum antibodi COVID-19 itu menyesatkan. Ia mengimbau agar warganet tidak mudah percaya terkait klaim obat korona dari siapa saja tanpa disertai bukti ilmiah.

"Saya telah menyaksikan seluruh tayangannya dan saya menyatakan ini adalah informasi menyesatkan. Dalam kedokteran untuk mententukan apakah suatu terapi atau pengobatan efektif dalam menyembuhkan penyakit harus melalui serangkaian uji klinis," kata dr Dirga dalam video yang ia bagikan di akun pribadi Twitter-nya.

Apalagi, belum jelas apakah serum buatan Hadi sudah melalui uji klinis atau belum.

"Tidak boleh berdasarkan atas suatu klaim. Siapapun yang menyampaikan klaimnya, apakah dia profesor, menteri, presiden, atau saya sekalipun," sambungnya.

dr Dirga mengingatkan agar Anji sebagai figur publik dan Hadi Pranoto berhati-hati menyampaikan informasi sehingga malah tidak melakukan pembodohan publik.

Tag: anji drive

Bagikan: