Gibran Dikabarkan Akan Bebaskan Palestina dari Israel, Faktanya

| 11 Sep 2020 17:36
Gibran Dikabarkan Akan Bebaskan Palestina dari Israel, Faktanya
Gibran Rakabuming (Instagram)

ERA.id - Beredar tangkapan layar dari sebuah judul berita yang disunting sedemikian rupa. Di sana tertulis, "Gibran akan bebaskan Palestina dari Israel?" dan tangkapan layar itu disebarkan oleh Akun Facebook AnNde AnNde Lumut.

Narasi dari unggahan AnNde AnNde Lumut adalah sebagai berikut: “Bapaknya ngimpi ekonomi meroket. #Ehh anaknya ngimpi bebasin Palestin. Emang klo ngimpi mah bebas, bukan begetho kang martabak”

Nyatanya, narasi soal Gibran akan bebaskan Palestina dari Israel adalah kabar yang keliru. Akun AnNde AnNde Lumut menyebarkan kabar palsu, pun media tersebut menulis informasi yang salah dan menyesatkan. Ditelusuri Cek Fakta, tidak ada pernyataan Gibran terkait Palestina.

Dalam artikel tersebut Gibran hanya diberikan syal berbendera Palestina dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai salah satu partai pengusungnya di Pilkada Solo. Syal diberikan sebagai semangat dalam memperjuangan Solo menjadi lebih baik.

Berikut kutipan artikel berjudul “Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?” yang dimuat di situs swarakyat[dot]com pada 9 September 2020 tersebut:

“Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka (Gibran) mendapat syal bermotif bendera Palestina dari Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsurie.

“Sebelum kami sampaikan SK kami punya selendang asli dari Palestina, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke Mas Gibran agar selama nanti insyaallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan,” kata Masruhan, Jumat (28/8/2020).

Kata Masruhan, syal yang dipakai Gibran menjadi semangat dalam memperjuangan Solo menjadi lebih baik. “Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti, itu akan menjiwai Mas Gibran dengan harapan perjuangannya menyejahterakan dan meningkatkan taraf hidup Kota Solo akan tercapai,” ungkapnya.

Ia mengatakan, rekomendasi jatuh kepada Gibran bukan karena sosoknya yang merupakan anak Presiden Jokowi, melainkan karena pemikiran Gibran yang menurutnya layak sebagai modal seorang birokrat.

Tags : cek fakta
Rekomendasi