Kejar-kejaran Melulu dengan Polisi, Balapan Liar Kapan Berhenti di Makassar?

| 16 Oct 2020 20:00
Kejar-kejaran Melulu dengan Polisi, Balapan Liar Kapan Berhenti di Makassar?
Balapan liar di Benteng Somba Opu Makassar (Youtube Riding Drag Pangkep)

ERA.id - Balapan liar di Makassar, memang sudah jadi hobi anak muda sejak medio 2000-an. Polisi pun kadang-kadang dipecundangi dengan para pebalap liar tersebut.

Asal tahu saja, di Makassar, ada dua spot yang menjadi andalan pebalap liar. Pertama, di sepanjang Jl Veteran, dan yang kedua adalah di Jl Bandang.

Kedua jalan itu sempat dijaga ketat oleh polisi, sebab selain balapan, perang kelompok juga kerap terjadi di sekitar jalan tersebut. Penulis sempat merasakannya beberapa tahun yang lalu.

Anehnya, saat dijaga ketat di dua jalan itu, para pebalap pindah ke jalan lain yang lowong. Bak main kucing-kucingan, para polisi mesti putar otak untuk menghentikan hobi yang meresahkan warga ini.

Sekarang, balapan tidak cuma di dua jalan itu saja, tadi subuh, pebalap liar kembali beraksi di Jalan A.P Pettarani di wilayah hukum Polsek Rappocini tepatnya depan Hotel Claro Makassar.

Kepada tim era.id, Kapolsek Rappocini, Kompol Andi Ashari bilang kalau balapan liar yang ada di wilayahnya itu terjadi dua kali dalam seminggu. Mereka datang secara bergerombol ada yang sebagai penjoki motor ada pula yang datang hanya menjadi penonton aksi balapan liar.

"Itu bukan marak lagi, tapi sudah pekerjaan rumah (PR) bagi polsek jajaran. Setiap malam jumat dan malam sabtu," tutur Andi.

Meski begitu, walau tugasnya berat, Ashari tak henti memerintahkan anggota untuk membubarkan balapan liar itu. "Kami kejar terus dan bubarkan," pungkas Pamen Polri ini.

Rekomendasi