Wartawan Demas Laira Dibunuh oleh Para Tersangka karena Hal Ini

| 21 Oct 2020 16:21
Wartawan Demas Laira Dibunuh oleh Para Tersangka karena Hal Ini
Foto mendiang Demas Laira (28)

ERA.id - Seorang wartawan di Sulawesi Barat yakni Demas Laira, tewas ditusuk pada Agustus lalu. Kini, pelaku pembunuhnya ditangkap. Atas kasus ini, polisi meringkus 6 tersangka.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, membenarkan kejadian tersebut dan mengaku kalau kasus pembunuhan Demas Laira diawali dari motif sakit hati pelaku kepada korban yang mengganggu dan mempermalukan adik perempuan salah satu pelaku, yakni Syamsul.

"Atas perbuatannya, keenam tersangka dijerat dengan Pasal 340 KUHP dengan ancaman pidana hukuman mati, seumur hidup, atau hukuman penjara paling lama 20 tahun," terang Argo, Rabu (21/10/2020).

Sekadar diketahui, 6 orang yang ditangkap polisi belum lama ini, adalah Syamsul (32), Nawir (30), Doni (20), Haerudin (18), Ilham (19), dan Ali Baba (25). Keenam tersangka ditangkap di tiga lokasi berbeda, yakni Mandar, Pohuwato (Gorontalo); Karossa, Mamuju Tengah (Sulawesi Barat) dan Sarudu, Pasangkayu (Sulbar).

Sementara Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar Ajun Komisaris Besar Polis,  Syamsu Ridwan, di Mamuju mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pembunuhan tersebut dilakukan karena para pelaku sakit hati akibat keluarganya dilecehkan oleh korban.

Demas Laira lanjut Syamsu Ridwan, diduga melecehkan seorang perempuan berinisial K, saat dalam perjalanan dari Kabupaten Pasangkayu ke Mamuju Tengah. K lalu meminta tolong kepada keluarganya, selanjutnya para pelaku mengejar korban hingga akhirnya menganiaya Demas Laira hingga meninggal dunia.

"Semua pelaku masih satu keluarga. Dari hasil pemeriksaan sementara, para pelaku melakukan pembunuhan akibat sakit hati karena keluarga mereka dilecehkan oleh korban," kata Syamsu Ridwan.

Meski begitu, polisi masih terus mengembangkan penyelidikan kasus ini. "Pelaku berinisial AB inilah yang diduga sebagai eksekutor, sementara lainnya memiliki peran masing-masing dan itu yang terus didalami," ujarnya.

Sebelumnya, Demas Laira (28), seorang wartawan yang bekerja di beberapa media online, di antaranya kabardaerah.com, targetkasus.com serta sulawesion.com, ditemukan tewas bersimbah darah dengan 17 luka tikaman di tubuhnya, di jalan poros Mamuju-Palu, Sulawesi Tengah, tepatnya di wilayah Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah pada Kamis dini hari (20/8) sekitar pukul 02.00 WITA.

Di lokasi kejadian, polisi menemukan sejumlah barang milik korban, yakni sebuah sepeda motor, dompet serta tiga kartu pers atas nama Demas Laira. Namun, telepon genggam milik korban tidak ditemukan di lokasi ditemukannya jasad Demas Laira.

Rekomendasi