Hal-Hal yang Cuma Bisa Ditemuin di Bulan Ramadan

| 26 Apr 2020 18:05
Hal-Hal yang Cuma Bisa <i>Ditemuin</i> di Bulan Ramadan
Takjil Ramadan (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Bulan suci Ramadan jadi salah satu momentum yang tak boleh terlewatkan bagi umat muslim. Berbagai kegiatan yang cuma bisa dilakukan selama bulan Ramadan jadi salah satu hal yang paling dinantikan. 

Tapi, apa saja sih hal-hal yang cuma bisa dilakukan selama bulan Ramadan? Yuk cek selengkapnya.

Salat Tarawih

Menjalankan solat tarawih jadi salah satu kegiatan menyenangkan yang cuma bisa dilakukan selama bulan Ramadan. Biasanya salat tarawih dikerjakan setelah salat isya berjemaah di masjid maupun musala. 

Tapi sayang, di saat kondisi seperti ini salat tarawih hanya dianjurkan buat dikerjakan di rumah bersama keluarga saja. Kalau pun bisa dikerjakan secara berjemaah di masjid, jumlah rakaatnya pun pasti dipangkas, seperti di salah satu musala di kawasan Jakarta Timur yang hanya menjalankan salat tarawih sebanyak 8 rakaat dari biasanya 23 rakaat atau 11 rakaat. 

Puasa

Tentu saja hal wajib yang harus dilakukan bagi seluruh umat muslim di dunia selama Ramadan ialah menjalankan puasa. Bagi orang yang sudah baligh atau dewasa, puasa sangat diwajibkan bagi setiap umat muslim. 

Puasa jadi salah satu moment yang paling dinantikan selama Ramadan. Menahan lapar, haus, bahkan menahan hawa nafsu dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari atau waktu magrib tiba. 

Zakat

Meski bisa dilakukan selain di bulan Ramadan, salah satu kesempurnaan ibadah di bulan Ramadan ini ialah menunaikan zakat bagi yang mampu. 

Biasanya zakat bisa diberikan dalam dua bentuk, yaitu bentuk uang tunai atau beras sebanyak 3,5 kg. Nantinya bagi pemberi zakat juga harus melakukan niat yang dipandu oleh penyalur zakat di masjid atau musala. 

Tadarus Al-Qur'an

Bulan Ramadan juga jadi semacam ajang lomba buat mengkhatamkan Al-Qur'an. Biasanya kegiatan tadarus ini dilakukan setelah melaksanakan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid atau musala. Tapi sebagian orang juga ada yang melakukannya setiap habis salat fardu, baik subuh, zuhur, maupun asar. 

Berburu takjil

Berburu Takjil atau menu berbuka puasa ini jadi salah satu ajang tradisi yang cuma bisa ditemukan selama bulan Ramadan. Menu yang beragam mulai dari kolak, gorengan, beragam macam es, hingga makanan unik yang keluar selama bulan Ramadan bakal dijual oleh para pedagang. 

Biasanya para pedagang takjil ini berjualan menjelang buka puasa atau sekitar jam 16:00 WIB dengan menyusun dagangannya terlebih dahulu. Moment ini jadi hal paling dirindukan saat Ramadan sudah berlalu. 

Ngabuburit

Buat kaum rebahan yang sudah bosan banget selama WFH, ngabuburit jadi agenda yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan. Istilah ngabuburit ini adalah menghabiskan waktu dengan berkegiatan sambil menunggu waktu sore tiba. 

Kegiatan yang dilakukan pun cukup beragam, sesuai dengan keinginan masing-masing. Ada yang jalan-jalan pakai motor keliling kompleks, ada yang main karambol, ada juga yang bikin kulit ketupat buat lebaran, padahal lebaran masih lama hehe. 

THR

Buat para pekerja THR (Tunjangan Hari Raya) cuma bisa didapatkan bagi karyawan tetap atau kontrak dengan masa waktu tertentu. Tapi buat anak-anak kecil yang bersilaturahmi ke rumah sanak saudara atau tetangga, pasti ada aja satu atau dua yang suka bagi-bagi THR, mirip angpau di Hari Raya Imlek. 

Tapi di saat pandemi seperti ini, mungkin enggak ya THR itu bisa terwujud?

Baju baru

Salah satu tradisi yang masih dilakukan oleh sebagian orang ialah membeli baju baru buat diri sendiri atau keluarga. Bahkan biasanya sengaja dibuatkan baju couple dengan sengaja buat menyambut Hari Raya Idulfitri. Padahal bajunya juga cuma dipakai sekali aja terus buat foto deh. Hayo siapa nih yang kayak gini

Dari daftar agenda kegiatan di atas yang udah dijabarkan, moment apa yang masih kalian ingat dan cuma bisa dilakukan selama bulan Ramadan nih? Pasti ada yang ingat sama buku catatan agenda Ramadan deh hehe atau berburu imam tarawih di masjid buat dapat tanda tangannya. 

Hal-hal indah yang cuma bisa didapatkan di bulan Ramadan ini memang jadi salah satu momen yang bikin kangen. Semoga pandemi ini lekas berlalu dan kita semua bisa salat tarawih berjemaah di masjid atau musala ya.

Tags : eramadan
Rekomendasi