Kenapa Bulan Februari Hanya 28 Hari dan 29 Hari?

| 08 Aug 2023 22:05
Kenapa Bulan Februari Hanya 28 Hari dan 29 Hari?
Kenapa bulan februari hanya 28 hari dan 29 hari (unsplash)

ERA.id - Apakah Anda pernah bertanya-tanya kenapa bulan Februari hanya 28 hari dan 29 hari? Ternyata untuk menjawab pertanyaan tersebut dapat diselesaikan secara matematis.

Setiap bulan dalam kalender Gregorian modern terdiri dari setidaknya 28 hari. Angka tersebut akan menjadi 30 yang bulat jika bukan karena Februari. Sementara setiap bulan selain bulan kedua dalam kalender memiliki setidaknya 30 hari, Februari memiliki hanya 28 (dan 29 pada tahun kabisat).

Jadi mengapa kalender yang paling banyak digunakan di dunia ini begitu tidak konsisten dalam panjang bulannya? Dan mengapa Februari terjebak dengan jumlah hari yang paling sedikit?

Alasan Kenapa Bulan Februari Hanya 28 Hari dan 29 hari

Dilansir dari Britannica, silsilah kalender Gregorian yang tertua (kalender Romawi pertama) memiliki perbedaan yang mencolok dalam strukturnya dari varian-varian yang lebih baru dan terdiri dari 10 bulan bukannya 12.

Kemudian untuk sepenuhnya menyinkronkan kalender dengan tahun lunar, raja Romawi Numa Pompilius menambahkan Januari dan Februari ke 10 bulan asli. Kalender sebelumnya memiliki 6 bulan dengan 30 hari dan 4 bulan dengan 31 hari, dengan total 304 hari.

Raja Numa ingin menghindari angka genap dalam kalendernya, karena takhayul Romawi saat itu menganggap bahwa angka genap membawa sial. Dia mengurangi satu hari dari masing-masing bulan 30 hari untuk menjadikannya 29 hari.

Tahun lunar terdiri dari 355 hari (354,367 untuk lebih tepatnya, tetapi menyebutnya 354 akan membuat seluruh tahun membawa sial!), yang berarti dia sekarang memiliki 56 hari tersisa untuk dikerjakan. Pada akhirnya, setidaknya 1 bulan dari 12 bulan perlu mengandung jumlah hari yang genap.

Sinkronisasi kalender menurut Raja Numa dapat dijelaskan dengan matematika sederhana: jumlah dari sejumlah besar (12 bulan) angka ganjil akan selalu menghasilkan angka genap—dan dia ingin totalnya menjadi ganjil. Jadi Numa memilih Februari, bulan yang akan menjadi tuan rumah bagi ritual Romawi yang menghormati orang mati, sebagai bulan yang kurang beruntung dan terdiri dari 28 hari.

Selain perubahan yang dilakukan oleh Raja Numa, terdapat perubahan lain seperti penyusutan Februari pada interval tertentu, penambahan bulan kabisat, dan penambahan hari kabisat modern. Meskipun demikian, panjang 28 hari Februari tetap dipertahankan.

Mengapa setiap empat tahun sekali jumlah hari pada bulan Februari 29 hari?

Bulan Februari umumnya terdiri dari 28 hari. Namun, setiap empat tahun sekali, Februari memiliki 29 hari, fenomena ini disebut sebagai tahun kabisat. Hal ini disebabkan oleh perhitungan akurat bahwa pergerakan tahunan matahari sekitar 365,25 hari. Pada masa pemerintahan Julius Caesar, pergerakan tahunan matahari ini diakui sebagai 365,25 hari, dan akibatnya tahun terdiri dari 365 hari.

Untuk menyisakan kelebihan waktu sekitar 0,25 hari per tahun, sebuah hari ekstra ditambahkan setiap empat tahun sekali. Dengan demikian, setiap empat tahun, jumlah hari dalam satu tahun menjadi 366 (tahun kabisat).

Mengapa setiap empat tahun sekali jumlah hari pada bulan Februari 29 hari (unsplash)

Konsep ini tetap berlaku hingga sekitar 16 abad kemudian dalam penanggalan Syamsiyyah atau berdasarkan tahun matahari berikutnya.

Namun, sekitar 400 tahun setelah masa Julius Caesar, disadari bahwa pergerakan tahunan matahari sedikit lebih pendek dari 365,25 hari. Oleh karena itu, pada Konsili Nicea pada tahun 325 Masehi, diputuskan untuk menghapus 3 tanggal dalam kalender tahun tersebut.

Selain kenapa bulan februari hanya 28 hari dan 29 hari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi