Mahasiswa Inggris Temukan Struktur Raksasa Berbentuk Cincin Besar di Luar Angkasa

| 14 Jan 2024 13:32
Mahasiswa Inggris Temukan Struktur Raksasa Berbentuk Cincin Besar di Luar Angkasa
Ilustrasi kumpulan galaksi luar angkasa. (NASA/Wikimedia)

ERA.id - Sebuah struktur raksasa terdiri dari seluruh galaksi dan gugus galaksi menyerupai cincin besar ditemukan di kedalaman luar angkasa oleh seorang mahasiswa PhD di Inggris.

Cincin Besar itu diperkirakan berdiameter sekitar 1,3 miliar tahun cahaya dan memiliki keliling sekitar 4 miliar tahun cahaya.

Ukuran formasi yang luar biasa ini membuatnya tampak sekitar 15 kali ukuran bulan jika dilihat dari bumi, menurut beberapa publikasi media dikutip dari Sputnik.

Hal ini diidentifikasi oleh Alexia Lopez, seorang mahasiswa PhD di University of Central Lancashire, yang mempresentasikan temuannya pada pertemuan ke-243 American Astronomical Society.

Sebelumnya, Lopez juga berjasa mengidentifikasi struktur luar angkasa raksasa lainnya yang dikenal sebagai "Busur Besar" yang membentang sekitar 3,3 miliar tahun cahaya.

Lopez berpendapat belum ada penjelasan dari teori kosmologi saat ini bahwa struktur sebesar itu mungkin terjadi.

"Tidak satu pun dari dua struktur ultra-besar ini yang mudah dijelaskan dalam pemahaman kita saat ini tentang alam semesta," katanya.

"Ukurannya yang sangat besar, bentuknya yang khas, dan kedekatan kosmologisnya pasti memberi tahu kita sesuatu yang penting, tapi apa sebenarnya?" lanjutnya.

Rekomendasi