Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dan Pembentuknya

| 14 Jun 2024 23:00
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dan Pembentuknya
Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan (freepik)

ERA.id - Sel bagi makluk hidup memiliki peran penting dalam menjalankan berbagai fungsi vital. Memiliki kesamaan dalam struktur dan fungsi dasar, apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?

Artikel ini akan mengupas perbedaan utama antara sel hewan dan sel tumbuhan, mulai dari struktur penyusunnya hingga fungsinya dalam menunjang kehidupan.

Apa Itu Sel?

Semua kehidupan di Bumi terbuat dari sel. Tanpa sel, tidak ada kehidupan. Kemudian hampir semua sel sangat kecil sehingga Anda membutuhkan mikroskop untuk melihatnya.

Beberapa organisme, seperti bakteri, hanya terdiri dari satu sel dan disebut sebagai organisme uniseluler. Organisme lain, seperti pohon dan paus orca, terdiri dari jutaan atau bahkan milyaran sel, yang kemudian disebut organisme multiseluler.

Organisme multiseluler sering memiliki berbagai jenis sel, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Sel-sel ini disebut sel khusus.

Apa Saja yang Membentuk Sel Hewan?

Setiap komponen dalam sel hewan memiliki fungsi tertentu. Sel hewan seringkali memiliki bentuk yang tidak teratur. Dilansir dari BBC UK, berikut ini empat komponen utama dari sebagian besar sel hewan:

  • Nukleus - berisi materi genetik (DNA) dari organisme dan mengontrol aktivitas sel.
  • Sitoplasma - cairan yang membentuk sebagian besar sel dimana reaksi kimia terjadi. Ini terutama terdiri dari air.
  • Membran sel - lapisan luar yang fleksibel yang mengelilingi sel dan mengontrol zat yang bisa masuk dan keluar dari sel.
  • Mitokondria - bagian kecil dalam sel yang mengapung di sitoplasma di mana energi dilepaskan dari glukosa dari makanan. Mitokondria, yang ditemukan dalam sitoplasma sel, adalah tempat sebagian besar respirasi terjadi.
Apa Saja yang Membentuk Sel Hewan (freepik)

Apa Saja yang Membentuk Sel Tumbuhan?

Sel tumbuhan atau tanaman seringkali memiliki bentuk yang teratur. Mereka memiliki komponen sel yang sama dengan sel hewan: nukleus, membran sel, sitoplasma, dan mitokondria. Namun tumbuhan juga memiliki tiga komponen tambahan, sebagai berikut:

  • Dinding sel: lapisan luar sel yang kuat, yang mengandung selulosa untuk memberikan kekuatan dan dukungan pada tumbuhan.
  • Vakuola: ruang di dalam sitoplasma yang berisi cairan berair yang disebut cairan sel. Ini menjaga sel tetap kuat.
  • Kloroplas: struktur yang ditemukan dalam sel bagian hijau tumbuhan saja (daun dan batang) yang mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil tempat fotosintesis terjadi.

Mengetahui Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan dan tumbuhan memiliki beberapa perbedaan, dilansir dari Jagran Josh berikut ini beberapa di antaranya:

  • Dinding sel: Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang kaku dari selulosa, sedangkan sel hewan tidak memilikinya.
  • Bentuk: Sel hewan umumnya tidak beraturan atau bulat, sedangkan sel tumbuhan biasanya kotak atau persegi panjang.
  • Organel sel: Sel tumbuhan memiliki plastida untuk fotosintesis dan vakuola besar untuk penyimpanan air, sedangkan sel hewan memiliki sentriol untuk membantu pembelahan sel dan lisosom untuk pencernaan seluler.
  • Nutrisi: Sel hewan heterotrofik, mendapatkan makanan dari sumber lain, sedangkan sel tumbuhan autotrofik, membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis.

Meskipun memiliki beberapa perbedaan, sel hewan dan sel tumbuhan tetap memiliki banyak kesamaan. Baik sel hewan atau tumbuhan memiliki membran sel, ribosom, retikulum endoplasma, nukleus, dan mitokondria.

Selain perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi