Fenomena Astronomi Agustus 2024 yang Dapat Dilihat Mata Telanjang

| 06 Aug 2024 22:05
Fenomena Astronomi Agustus 2024 yang Dapat Dilihat Mata Telanjang
Fenomena astronomi agustus 2024 (freepik)

ERA.id - Agustus menjadi bulan yang istimewa bagi para astronom amatir maupun profesional. Terdapat beberapa fenomena astronomi Agustus 2024 yang sayang untuk dilewatkan.

Sejumlah fenomena langit menarik akan terjadi sepanjang bulan ini, mulai dari fase bulan yang unik hingga peristiwa langit yang jarang terjadi. Penasaran apa saja? Berikut ini pembahasannya.

Fenomena Astronomi Agustus 2024

Bulan Agustus 2024 disuguhkan dengan berbagai peristiwa langit yang menarik. Dilansir dari Times of India, mari kita simak apa saja yang bisa kita saksikan di langit malam bulan ini:

  1. Perubahan Fase Bulan dan Gerhana Bulan Sebagian

Pada tanggal 19 Agustus, bulan baru akan berubah menjadi bulan purnama yang akan akan terjadi dengan "Bulan Biru" atau juga dikenal sebagai "supermoon."

Namun meskipun disebut sebagai Bulan Biru, warna bulan sebenarnya tidak akan berubah menjadi biru. Namun, bulan akan tampak lebih besar karena posisinya yang lebih dekat dengan orbit Bumi.

Kemudian pada malam tanggal 20 Agustus, bulan juga akan tampak tepat di sebelah Saturnus. Dimana keesokan harinya, Bulan akan menutupi Saturnus dan melintas di depan Saturnus dari sudut pandang kita.

Dalam astronomi, okultasi terjadi ketika satu benda langit melintas di depan benda langit lainnya, yang untuk sementara waktu mengaburkan objek latar belakangnya dari pandangan.

Peristiwa lainnya yang melibatkan bulan adalah Gerhana Bulan sebagian pada tanggal 21 Agustus. Saat gerhana terjadi, bulan akan tertutup sebagian oleh bayangan Bumi. Namun fenomena ini hanya dapat disaksikan di Amerika Latin, Afrika, dan sebagian wilayah di Eropa.

  1. Hujan Meteor Perseid

Hujan meteor adalah fenomena umum yang bisa disaksikan tanpa peralatan khusus, namun dengan syarat asal langit malam sedang cerah. Puncak hujan meteor Perseid akan terjadi antara tanggal 12 dan 13 Agustus, dimana lebih dari 100 meteor akan melintasi langit per jam.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Gerhana Sepanjang 2024 Bakal Menghiasi Langit

Perlu diketahui, hujan meteor Perseid dianggap sebagai hujan meteor terbaik sepanjang tahun. Hujan meteor ini berasal dari komet 109P/Swift-Tuttle dan memiliki kecepatan hingga 59 kilometer per detik.

Dilansir dari Newsweek, meteor-meteor tersebut akan tampak berasal dari dekat konstelasi Perseus (maka itulah sebabnya hujan meteor ini dinamakan demikian) tetapi meteor dapat terlihat di mana saja di langit.

Hujan meteor dapat dilihat mata telanjang (freepik)

Selain itu, meteor dapat dilihat di kedua belahan bumi utara dan selatan, meskipun lebih menonjol di belahan bumi utara.

Meteor ini paling baik dilihat setelah tengah malam dan sebelum fajar. Bulan dijadwalkan 50 persen penuh pada malam puncak, yang dapat menghalangi pengamatan meteor karena polusi cahaya.

Bagi yang belum tahu, meteor adalah "sisa partikel komet dan pecahan asteroid." Ketika partikel-partikel ini memasuki atmosfer Bumi, mereka akan terbakar dan menghasilkan cahaya berwarna di langit malam.

Menurut laporan dari lama Space.com, cahaya meteor akan lebih mudah terlihat kali ini karena bulan hanya akan bersinar sekitar 50% saat puncak hujan meteor.

  1. Parade Planet

Menyaksikan satu planet saja sudah menarik, apalagi dua. Nah, di bulan Agustus ini Anda akan berkesempatan untuk melihat Venus dan Merkurius bersama-sama, atau planet Mars dan Jupiter.

Lebih menariknya lagi, di akhir Agustus, enam planet akan sejajar dalam satu garis lurus dan ini menjadi peristiwa langka yang tidak boleh dilewatkan. Menariknya, sebagian besar fenomena astronomi ini dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Selain fenomena astronomi agustus 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi