Sejarah Hari Kanker Anak Sedunia, Fakta Menarik, dan Cara Berkontribusi

| 15 Feb 2024 22:53
Sejarah Hari Kanker Anak Sedunia, Fakta Menarik, dan Cara Berkontribusi
Sejarah hari kanker anak sedunia (unsplash)

ERA.id - Sejarah Hari Kanker Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Februai, menjadi hal yang menyentuh hati, dan menjadi momen bersatunya dunia dalam mengenang dan meningkatkan kesadaran terhadap tantangan.

Seiring berjalannya waktu, Hari Kanker Anak Sedunia telah menjadi landasan bagi solidaritas global dalam memberikan dukungan dan menciptakan perubahan untuk meningkatkan kualitas hidup para anak-anak di dunia dari penyakit mematikan.

Sejarah Hari Kanker Anak Sedunia

Inisiatif International Childhood Cancer Day (ICCD) bermula pada tahun 2002, didorong oleh upaya bersama Childhood Cancer International (CCI) dan International Society of Pediatric Oncology (SIOP).

Sejak inisiatif terbentuknya Hari Kanker Anak Sedunia kemudian telah berkembang menjadi gerakan global yang kuat, menyatukan para profesional kesehatan, kelompok advokasi, pembuat kebijakan, dan masyarakat umum dalam perjuangan melawan kanker pada anak.

Deteksi dini, diagnosis tepat waktu, dan akses ke pengobatan yang efektif sangat penting untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien kanker anak-anak. ICCD juga memainkan peran penting dalam beberapa hal berikut:

  • Meningkatkan kesadaran

ICCD sendiri dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tanda dan gejala kanker anak, menghilangkan mitos, dan menyoroti kebutuhan mendesak untuk peningkatan investasi dalam penelitian dan akses ke perawatan.

  • Mobilisasi sumber daya

Advokasi untuk peningkatan pendanaan penelitian, infrastruktur kesehatan yang lebih baik, dan akses yang adil ke fasilitas medis berkualitas untuk semua anak yang menderita kanker, tanpa memandang lokasi geografis atau latar belakang sosio ekonomi mereka.

  • Merayakan keberanian dan ketahanan

Mengakui kekuatan dan tekad anak-anak yang berjuang melawan kanker, menghormati dedikasi keluarga dan para pengasuh mereka, dan merayakan prestasi para penyintas.

Tema Hari Kanker Anak Sedunia tahun ini adalah "Mengungkap Tantangan," berfokus pada membawa ke permukaan berbagai rintangan yang dihadapi oleh anak-anak dengan kanker, keluarga mereka, dan para profesional kesehatan di seluruh dunia.

Kampanye tahun ini bertujuan untuk mengumpulkan wawasan dan pengalaman melalui panggilan aksi global. Bagaimana caranya? Masyarakat dapat saling bertukar informasi terkait kanker dengan cara merinci rintangan yang mereka hadapi.

Upaya kolektif dalam memperingati hari kanker sedunia akan membentuk strategi masa depan untuk mengatasi berbagai tantangan dengan menciptakan kepedulian terhadap kanker anak.

Fakta-Fakta Mengenai Kanker di Seluruh Dunia

  • Secara global, diperkirakan sekitar 400.000 anak didiagnosa mengidap kanker setiap tahunnya.
  • Leukemia merupakan kanker anak yang paling umum, diikuti oleh tumor otak dan limfoma.
  • Tingkat kelangsungan hidup selama lima tahun untuk kanker anak bervariasi secara signifikan tergantung pada jenis kanker, lokasi geografis, dan akses terhadap pengobatan, berkisar antara 20% hingga 80%.
  • Negara-negara dengan pendapatan rendah dan menengah menghadapi tantangan besar dalam mendiagnosis dan mengobati kanker anak, dengan tingkat kelangsungan hidup seringkali di bawah 20%.
Cara Berkontribusi dalam Memperingati Kanker Anak Sedunia (unsplash)

Cara Berkontribusi dalam Memperingati Kanker Anak Sedunia

Ada banyak cara untuk berpartisipasi dalam ICCD dan berkontribusi dalam perjuangan melawan kanker anak:

  • Bagikan informasi tentang kanker anak di media sosial.
  • Dukung organisasi yang berusaha meningkatkan kualitas hidup anak-anak yang mengidap kanker dan keluarga mereka.
  • Kegiatan penggalangan dana, kampanye kesadaran, dan pertemuan komunitas dapat memberikan dampak yang signifikan.
  • Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal terkena dampak kanker, maka pertimbangkan untuk berbagi cerita untuk meningkatkan kesadaran dan menginspirasi.

Selain sejarah hari kanker anak sedunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi