Karena Orang Ini, Kita Bisa Dapat PR Semasa Sekolah

Tim Editor

Ilustrasi mengerjakan tuas sekolah (Wikimedia)

ERA.id - Siapa pencipta pekerjaan rumah atau PR yang karib kita ketahui semasa sekolah? Ya, namanya Roberto Nevilis. Kenapa dia bikin metode pekerjaan rumah ya?

Mengutip bestwritingclues, pencetus dan pencipta PR pertama kali ialah seorang bapak guru asal Venice, Italia, bernama Roberto Nevilis pada tahun 1905.

Roberto Nevilis membuat metode PR karena melihat murid-muridnya ialah anak dari para orang tua yang mampu secara ekonomi. Selain itu, ia juga melihat pada siswanya banyak waktu luang di rumah setelah selesai pelajaran di sekolah.

Maka Roberto Nevilis berpikir jika ia harus memberikan sebuah pelajaran tambahan sekaligus hukuman bagi para siswanya yang sering melanggar peraturan sekolah.

Roberto Nevilis juga awalnya ingin agar para siswanya lebih memahami pelajaran, makanya ia menciptakan metode belajar di rumah dengan PR.

Di masa Roberto, PR ia berikan hampir setiap hari seusai pelajaran selesai dan haislnya, PR melatih para siswanya menjadi lebih rajin, meningkatkan keterampilan, melatih kemandirian dan menambah kreativitas.

Semenjak itulah mulai dikenal metode homework alias PR dari guru kepada siswanya. Bahkan metode yang dicetuskan oleh Roberto Nevilis menjadi tren dan merambah ke semua institusi pendidikan di seluruh dunia.

Tag: sejarah masuk sekolah pendidikan

Bagikan :