Tetris: Siapa Pembuatnya dan Keributan yang Dihasilkannya

Tim Editor

Ilustrasi Tetris/The National

ERA.id - Hampir semua anak 80-90an mengenal game Tetris, tapi tentu saja tidak semua mengenal dan tahu siapa yang membuat game legendaris itu.

Tetris, seperti game kebanyakan, memang terlihat sederhana, tapi merangsang otak kita untuk terus berpikir dalam menyusun balok dengan rapi agar tidak sampai memenuhi layar.

Permainan sederhana ini dibuat pertama kali oleh seorang Ilmuwan Uni Soviet bernama Alexey Pajitnov pada tahun 1984 di laboratorium Soviet Academy of Sciences.

Waktu itu game ini belum dinamai Tetris, masih Tetrominoes. Pajitnov membuatnya menggunakan sebuah komputer kuno, yaitu komputer pertama di zaman itu.

Melihat game Tetrominoes yang kemudian hari dinamai Tetria milik Pajitnov, teman-temannya pun suka dan sering memainkannya kala waktu mereka luang. Dua tahun kemudian permainan ini diperbaharui menggunakan komputer yang lebih canggih dan berubah nama menjadi Tetris.

Tak berapa lama, ada pengusaha Belanda yang biasa membuat game-game di Nintendo bernama Henk Rogers melihat Tetris dan ia pun jatuh cinta. Pajitnov kemudian dibantu untuk mengembangkan Tetris agar lebih bagus dan menjadi terkenal sangat cepat.

Keributan yang dibuat Tetris

Tetris lalu meledak. Banyak perusahaan game yang membuat Tetris versi mereka sendiri dan dijual bersama berbagai perangkat game lainnya. Untuk menjaga hak cipta Tetris, Uni Soviet membuat Elorg yaitu perusahaan yang mengatur segala perizinan dan lisensi terkait game Tetris.

Perusahaan Elorg menetapkan dua perusahaan di dunia yang diberi izin untuk menjual Tetris, yaitu Atari dan Nintendo. Atari adalah perusahaan game yang berasal dari Amerika, mereka diizinkan untuk menjual Tetris di Perangkat Komputer.

Sedangkan Nintendo adalah perusahaan Jepang yang diberi izin untuk menjual Tetris di perangkat yang lebih kecil semacam gadget.

Namun setelah itu, Atari ternyata melanggar perjanjiannya dengan menjual Tetris di gadget yang berukuran kecil, yang dapat dimasukkan ke dalam kantong.

Mengetahui itu, Nintendo pun menuntut Atari. Kemudian dalam beberapa tahun kedua perusahaan ini menjadi tidak akur.

Populer sejak 1988

Tetris populer pada 1988 dalam bentuk permainan elektronik bernama Game Boy yang diluncurkan oleh Nintendo.

Dulunya Nintendo ingin memasukkan game-nya sendiri, yaitu Super Mario Bros ke dalam Game Boy. Namun tidak jadi dilakukan, mengingat Tetris lebih menarik perhatian semua orang, dibandingkan Super Mario bros yang waktu itu hanya disukai anak-anak.

Hingga tahun 1996, akhirnya perusahaan bernama Tetris Company didirikan guna mengurus semua lisensi, pelatihan, dan perizinan.

Kini Tetris juga sudah ada dalam Xbox One dan Playstation 4 dengan nama tetris Ultimate, yang merupakan hasil kerja sama dari Ubisoft dan Tetris Company.

Bagikan:


REKOMENDASI