Arti dan Asal-usul Kalimat Hompimpa Alaium Gambreng, Disebut Mirip Ayat Al-Qur'an

Tim Editor

Permainan Hompimpa (Antoni Halim/Shutterstock)

ERA.id - Dalam setiap permulaan permainan di luar rumah atau di lapangan, anak-anak sering memulai dengan ritual yang sering diiringi lagu dan lirik: “Hompimpa alaium gambreng!”. Apa arti dan asal usul Hompimpa alaium gambreng?

'Ritual' Hompimpa alaium gambreng dilakukan minimal oleh 3 anak (kalau berdua pengundiannya udah suit atau suten), masing-masing tangan peserta permainan akan diayun ke atas-bawah, kanan-kiri. Ketika sudah sampai kata “gambreng”, baru diperlihatkan tapak tangan yang menghadap ke atas atau bawah.

Ritual ini biasanya untuk menentukan siapa yang jaga dalam permainan petak umpet, petak jongkok, gobak sodor, atau permainan lainnya.


Hompimpa alaium gambreng juga populer berkat serial “Si Unyil” di stasiun TV nasional TVRI 1981-1993. Sebelum tayangan “Si Unyil”.

Lalu apa arti dan asal usul Hompimpa alaium gambreng?

Arti dan asal usul Hompimpa alaium gambreng masih simpang siur. Namun, salah satu komunitas yakni Fakta Bahasa via akun Twitter @faktabahasa, menyebutkan “Hompimpa Alaium Gambreng” itu berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya "Dari Tuhan kembali ke Tuhan, Ayo Bermain!”

Banyak yang beranggapan arti dari ‘Hompimpa Alaium Gambreng’ ini juga memiliki kemiripan dengan potongan ayat Al-quran Surah Al-Baqarah ayat 156.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

Namun, terlepas dari berbagai teori mengenai Arti dan Asal usul Hompimpa alaium gambreng, belum ada literatur sejarah yang menjelaskan sejak kapan kalimat “hompimpa alaium gambreng” muncul dan mulai digunakan.

Semoga ke depan akan ada penelitian lebih mendalam mengenai arti dan asal usul Hompimpa alaium gambreng


Tag: Hompimpa Alaium Gambreng

Bagikan: