5 Cara Sederhana Tingkatkan Libido di Fase Menopause

| 04 Mar 2024 22:15
5 Cara Sederhana Tingkatkan Libido di Fase Menopause
Ilustrasi pasangan suami istri (Unsplash)

ERA.id - Perubahan paling terlihat saat perempuan memasuki fase menopause adalah libido yang rendah. Penurunan gairah seksual di fase ini merupakan satu hal wajar karena disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh.

Meski sulit dicegah, namun bukan berarti di fase menopause perempuan tidak bisa memiliki libido yang prima, sebab beberapa cara berikut bisa membantu mendongkrak libido. 

Cara meningkatkan libido setelah fase menopause

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan perempuan untuk mendongkrak libidonya di fase menopause. Melansir laman Bodylogic MD, berikut pemaparan selengkapnya.

1. Memerhatikan pola makan

Menerapkan pola makan sehat dapat membantu menjaga libido tetap terjaga dengan baik di masa menopause. 

Pola makan sehat yang dimaksud itu mencakup konsumsi makanan dengan gizi seimbang, protein, lemak sehat hingga mengurangi asupan garam dan gula. 

2. Rutin olahraga

Menjaga aktivitas fisik dapat menjadi langkah jitu dalam mendorong gairah seksual di masa menopause. Selain baik untuk kebugaran fisik, rutin olahraga juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental seperti meningkatkan suasana hati yang membantu lebih nyaman dengan diri sendiri. 

3. Mengelola stres

Faktanya, stres akut dan kronis adalah penyebab utama berkurangnya hasrat seksual. Mengelola stres baik untuk setiap bagian kehidupan, termasuk gairah seksual.

Saat kita bisa mengelola stres dengan baik, hal itu memungkinkan untuk memiliki lebih banyak waktu agar fokus pada diri sendiri.

4. Komunikasi dengan pasangan

Komunikasi secara terbuka dengan pasangan tentang perubahan yang dialami setelah menopause dapat menciptakan hubungan yang saling mengerti dan mendukung satu sama lain. Dengan cara ini pula, gairah seks bisa terjaga dengan baik.

5. Mencoba aktivitas seks baru

Seks tak cuma berhubungan bicara soal penetrasi.  Setelah fase menopause, ada banyak cara bagi pasangan untuk bisa menikmati aktivitas seks yang membuat pasangan sama-sama nyaman. 

Menemukan cara baru untuk menikmati aktivitas seksual dapat membantu mengatasi kecemasan dan membuat hubungan menjadi lebih baik. 

Rekomendasi