6 Penyebab Libido Wanita Menurun hingga Malas Bercinta

| 12 Jul 2023 23:02
6 Penyebab Libido Wanita Menurun hingga Malas Bercinta
Ilustrasi libido wanita rendah (Freepik)

ERA.id - Libido wanita bisa berubah-ubah, kadang hasrat seksualnya tinggi dan bisa juga menurun. Kondisi fluktuasi libido ini sebenarnya hal yang wajar. Namun apabila turunnya gairah seks wanita terjadi dalam waktu lama maka perlu diwaspadai. Lantas apa penyebab libido wanita rendah?

Memiliki libido yang stabil sangat penting untuk menjaga kualitas hubungan seks, yang juga berdampak pada kesehatan fisik, mental, dan pikiran. Namun ada kalanya seorang wanita mengalami hasrat seksual yang menurun. 

Apabila kondisi rendahnya hasrat seks tersebut dibiarkan berlarut-larut maka bisa mempengaruhi mental dan hubungan dengan pasangan. Ketahui penyebab libido wanita rendah. 

Apa Penyebab Libido Wanita Rendah?

Saat sedang dalam fase libido rendah, wanita tidak tertarik atau kurang bergairah melakukan aktivitas seksual. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan turunnya libido wanita. Hasrat seksual wanita bisa menurun akibat faktor biologis yang mempengaruhi tubuh hingga kondisi emosional.

libido wanita rendah (Freepik)

Berikut ini beberapa penyebab libido wanita rendah:

Menopause

Menopause adalah fase biologis berakhirnya siklus menstruasi pada wanita saat memasuki usia 45 – 55 tahun. Ketika mengalami menopause, hormon estrogen dan testoterone pada wanita juga menurun drastis. Penurunan hormon tersebut juga mengakibatkan gairah seksual wanita jadi berkurang hingga memicu berbagai masalah seksual.

Hamil dan Menyusui

Wanita yang tengah hamil atau menyusui akan mengalami perubahan hormon seksual. Perubahan hormon ini juga menyebabkan gairah seksual wanita ikut menurun. 

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan menurunnya libido wanita. Jenis obat antidepresan biasanya berdampak pada penurunan gairah seks wanita. 

Depresi atau Stres

Menurunnya libido wanita juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis, seperti depresi dan stres. Saat sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol sebagai penyeimbang. Namun hormon tersebut juga menghambat produksi hormon testosteron sehingga terjadi penurunan gairah seks. 

Kelelahan 

Saat mengalami kelelahan, libido wanita juga bisa menurun. Kondisi tubuh yang lelah akan mengakibatkan penurunan kadar DHEA dan testosterone sehingga turut membuat gairah seks menjadi rendah. Apalagi untuk melakukan aktivitas seksual tentunya membutuhkan energi yang cukup dan tubuh yang prima. 

Gaya Hidup Tidak Sehat

Tidak banyak wanita yang sadar bahwa gaya hidup juga berpengaruh pada gairah seksual. Libido wanita bisa menurun apabila menjalani gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. 

Demikianlah sejumlah penyebab libido wanita rendah yang masih sering tidak disadari. Saat gairah seks menurun, Anda tidak perlu cemas karena masalah tersebut bisa diatasi. Libido seks wanita bisa ditingkatkan kembali dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjalin komunikasi yang intens dan terbuka dengan pasangan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi