Tak Perlu Malu, Ini Alasan Mengapa Masturbasi Normal untuk Dilakukan

| 19 Feb 2021 09:00
Tak Perlu Malu, Ini Alasan Mengapa Masturbasi Normal untuk Dilakukan
Ilustrasi Masturbasi (Dok. wellandgood.com)

ERA.id - Tak perlu merasa malu dan khawatir jika kamu termasuk orang yang melakukan masturbasi. Masturbasi atau kegiatan menyentuh tubuh sendiri untuk kesenangan seksual merupakan suatu hal yang sangat normal untuk dilakukan.

Seperti yang dilansir dari Plannedparenthood.org, ada beberapa alasan mengapa masturbasi wajar dilakukan. Berikut alasannya.

1. Melepaskan ketegangan seksual

Masturbasi itu wajar dilakukan oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Dengan melakukan masturbasi juga memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Masturbasi merupakan cara aman untuk mengetahui tubuh sendiri, merasakan kesenangan, melepaskan ketegangan seksual yang sudah terbangun sejak masa pubertas.

2. Tidur lebih nyenyak

Oleh karena itu, dengan melakukan masturbasi dapat menghilangkan rasa stress dan penat yang dirasakan. Selain itu, dengan masturbasi juga akan membantu merilekskan otot dan membantu tubuh untuk tidur lebih nyenyak.

Ilustrasi tidur nyenyak (Unsplash/@brucemars)

3. Merasakan sensasi

Bukan hanya untuk seseorang yang single saja, masturbasi juga bisa dilakukan oleh orang yang telah berpasangan. Dengan melakukan masturbasi sendiri, orang yang punya pasangan mampu mengetahui sensasi bagaimana yang membuat dirinya senang, dan nantinya bisa didiskusikan dengan pasangannya.

Untuk melakukan masturbasi tidak ada batasan berapa kali hal tersebut baik untuk dilakukan. Selama hal tersebut tidak mengganggu kehidupanmu sehari-hari, maka masturbasi tidak menjadi suatu masalah. Jadi, masturbasi adalah hal normal untuk dilakukan, karena dengan masturbasi kamu bisa mengetahui tubuh sendiri dan apa yang membuat tubuh merasa senang.

Rekomendasi