Mak Icit Rela Berjualan Keliling Kampung Demi Merawat Anaknya yang ODGJ

| 16 Sep 2022 13:12
Mak Icit Rela Berjualan Keliling Kampung Demi Merawat Anaknya yang ODGJ
Foto Mak Icit. (Twitter/@nzraka_)

ERA.id - Sebuah akun Twitter bernama @nzraka_ membagikan kepada ERA kisah perjuangan seorang nenek benama Mak Icit yang di usianya senjanya masih berjualan demi merawat anaknya yang ODGJ (Orang dengan gangguan jiwa).

Wanita berusia 70 tahun itu berjualan kue keliling kampung setiap hari. Selain merawat anaknya yang kini berusia 50 tahun, Mak Icit juga punya cucu yang harus ia rawat. Hasil penjualan kue Mak Icit hanya Rp10.000 per harinya.

"Terus Mak Icit cerita sm aku kalau dia hrs jual kue jauh bgt kelilingnya,ditambah bukan dagangan dia sendiri tp jualin punya org," tulis @nzaraka_

Bermodalkan kotak kue yang digendong oleh Mak icit di pagi hari, beliau berangkat dari rumah dan mengambil jajanan dari warung lain lalu dijual keliling di sekitaran desa. Padahal jaraknya cukup jauh untuk berjalan kaki, ditambah lagi kondisi fisik Mak Icit yang sudah renta. Kadang Mak Icit harus beristirahat sejenak karena keram berjalan terlalu jauh.



Anak Mak Icit sekarang tidak bisa beraktivitas seperti orang normal pada umumnya. Ia hanya mengurung diri di balik sarung dan tidak ingin bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

“Mak suka kasian kenapa anak mak jadi begini, kasian juga ke Agung (cucu Mak Icit)”.,Kata mak Icit

Anak Mak Icit dulunya pernah menikah dan memiliki anak. Namun, nahas setelah tragedi yang menimpa keluarganya anaknya mengalami kondisi seperti sekarang. Saat ini Mak Icit harus menjadi tulang punggung keluarga setiap hari mengasuh anak dan cucunya seorang.  

“Mak pengen punya modal buat bikin warung sederhana biar emak tidak perlu berjalan jauh menjual dagangan orang.”

Kondisi anak Mak Icit


Harapan Mak Icit hanya satu, ingin punya warung agar tidak keliling berjualan. Apalagi ketika Mak Icit sakit karena alergi yang sudah lama dideritanya. Ia juga belum bisa berobat kedokter spesialis kulit.

"Mak mah ga mau nyusahin orang, jadi ya Mak mah nyoba mandiri aja buat nyukupin kebutuhan sehari-hari sebisa emak"

Mimpinya sederhana, membuat warung kecil-kecilan agar ia tidak perlu lagi bersusah payah berkeliling menjajakan dagangan orang di usia senjanya.

Akun Twitter @nzaraka_ juga menambahkan, jika ada yang berminat untuk berbagi, boleh donasi di link ini, https://kitabisa.com/campaign/warungsederhanauntukmakicit.

"mksh byk bgt buat yang udah mau bantu,semoga mak icit dapat mewujudkan harapannya melalui tangan kalian semua. we love u guys." tutup @nzaraka_

Bagi kamu yang punya cerita atau pengalaman menarik, boleh banget bagikan ke ERA.id dengan cara DM atau mention akun media sosial ERA.

Di sini, kamu juga bisa bagikan pengaduan dalam bentuk apa pun, seperti teks, foto, video, atau pun audio. Jadi, jangan pendam sendirian masalah yang kamu alami, seperti pelecehan seksual, diskriminasi, atau bullying.

Yuk Speak Up!

Rekomendasi