Macam-Macam Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja Buat Pemula

| 23 Aug 2022 12:12
Macam-Macam Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja Buat Pemula
Freepik

ERA.id - Tenis meja, juga dikenal sebagai ping pong, adalah olahraga di mana dua atau empat pemain memukul bola ringan bolak-balik melintasi meja menggunakan pemukul kecil. Permainan berlangsung di meja keras dibagi dengan jaring. Namun ada macam-macam pukulan dalam permainan tenis meja yang harus Anda kuasai sebelum terjun ke olahraga ini seperti apa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Macam-Macam Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja

Smash

Kartu truf ofensif adalah smash. Seorang pemain biasanya akan melakukan smash ketika lawannya mengembalikan bola yang memantul terlalu tinggi atau terlalu dekat dengan net. Smashing terdiri dari menggunakan backswing besar dan akselerasi cepat untuk memberikan kecepatan sebanyak mungkin pada bola.

Tujuan smash adalah untuk membuat bola bergerak begitu cepat sehingga lawan tidak bisa mengembalikannya. Karena kecepatan bola adalah tujuan utama dari pukulan ini, seringkali putaran pada bola adalah sesuatu selain topspin.

Sidespin dapat digunakan secara efektif dengan smash untuk mengubah lintasan bola secara signifikan, meskipun sebagian besar pemain perantara akan menghancurkan bola dengan sedikit atau tanpa spin. Seorang pemain tenis meja yang ofensif akan menganggap reli sebagai persiapan untuk smash yang menang.

Hit

Pukulan langsung pada bola mendorongnya ke depan kembali ke lawan. Pukulan ini berbeda dari speed drive dalam olahraga raket lain seperti tenis karena raket terutama tegak lurus terhadap arah pukulan dan sebagian besar energi yang diberikan pada bola menghasilkan kecepatan daripada putaran, menciptakan pukulan yang tidak terlalu melengkung, tetapi cukup cepat sehingga sulit untuk kembali. Sebuah speed drive digunakan sebagian besar untuk menjaga bola dalam permainan, memberikan tekanan pada lawan, dan berpotensi membuka peluang untuk serangan yang lebih kuat.

Loop

Disempurnakan selama tahun 1960-an, loop pada dasarnya adalah kebalikan dari speed drive. Raket jauh lebih sejajar dengan arah pukulan ("tertutup") dan raket dengan demikian menyerempet bola, menghasilkan sejumlah besar topspin. Loop drive yang baik akan sedikit melengkung, dan sekali memukul sisi meja lawan akan melompat ke depan, seperti servis tendangan dalam tenis.

Counter-hit

Serangan balik biasanya merupakan serangan balik terhadap drive, biasanya drive loop tinggi. Raket dipegang tertutup dan dekat dengan bola, yang dipukul dengan gerakan pendek "off the bounce" (segera setelah mengenai meja) sehingga bola bergerak lebih cepat ke sisi lain. Counter-drive yang tepat waktu dan akurat bisa sama efektifnya dengan smash.

Flip

Ketika seorang pemain mencoba untuk menyerang bola yang belum memantul di luar tepi meja, pemain tidak memiliki ruang untuk melakukan pukulan ke belakang. Bola masih bisa diserang, bagaimanapun, dan tembakan yang dihasilkan disebut flip karena backswing dikompresi menjadi gerakan pergelangan tangan yang cepat. Sebuah flip bukan stroke tunggal dan dapat menyerupai drive loop atau loop dalam karakteristiknya. Apa yang mengidentifikasi stroke adalah bahwa backswing dikompresi menjadi jentikan pergelangan tangan pendek.

Sejarah: Olahraga ini berasal dari Inggris Victoria, di mana itu dimainkan di kalangan kelas atas sebagai permainan ruang tamu setelah makan malam.

Peralatan: Aturan internasional menetapkan bahwa permainan dimainkan dengan bola yang memiliki massa 2,7 gram (0,095 oz) dan diameter 40 milimeter (1,57 in).

Gameplay: Dalam bermain game, pemain yang melayani bola memulai permainan. Server pertama-tama berdiri dengan bola dipegang di telapak tangan terbuka yang tidak membawa dayung, yang disebut tangan bebas, dan melemparkan bola langsung ke atas tanpa putaran, setinggi setidaknya 16 cm (6,3 inci).

Permainan Ganda: Tunggal dan ganda keduanya dimainkan dalam kompetisi internasional, termasuk Olimpiade sejak 1988 dan Commonwealth Games sejak 2002.

Selain macam-macam pukulan dalam permainan tenis meja, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi